1386 Putra-Putri Sulut Ikuti Tes SKD Seleksi Sekolah Kedinasan Melalui CAT BKN

Manado – Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Taruna/Praja pada delapan Sekolah Kedinasan telah memasuki tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) melalui sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara.

Untuk titik lokasi Kantor Regional XI BKN Manado akan menyelengarakan tes SKD dari tujuh instansi pembina Sekolah Kedinasan yaitu BIN, Kemendagri, Kemenhub, BPS, BSSN, Kemenkumham dan BMKG.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw menyampaikan selamat berkompetisi bagi Putra dan Putri terbaik Sulawesi Utara yang mengikuti tes SKD.

Gubernur dan Wakil Gubernur berpesan agar para peserta dapat mengikuti tes dengan penuh antusian, ber sungguh-sungguh dan penuh konsentrasi karena penentu keberhasilan ada pada masing-masing peserta.

Tes melalui CAT BKN ini adalah untuk mewujudkan tuntuan perekrutan PNS melalui Sekolah Kedinasan yang adil dan tranparan sehingga mendapat hasil aparatur negara yang profesional dan sesuai dengan kebutuhan.

Tes SKD di Kantor Regional XI BKN Manado ini telah dimulai pada hari Rabu 8 Juni 2022 dan akan berlangsung hingga tanggal 15 juni nanti.

Sebanyak 1386 peserta SKD yang memilih titik lokasi di Kanreg XI ini akan berburu kuota menjadi mahasiswa/Praja/Taruna pada sejumlah Sekolah Kedinasan, meliputi:

1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (Kementerian Dalam Negeri).

2. Politeknik Keuangan Negara STAN (Kementerian Keuangan).

3. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika).

4. Politeknik Statistika STIS (Badan Pusat Statistik)

5. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Badan Siber dan Sandi Negara)

6. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (Badan Intelijen Negara).

7. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi (Kementerian Hukum dan HAM).

8. Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan (22 Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi).

SKD dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test yang setiap harinya terdiri 4 sesi tes dengan materi tes meliputi tes intelegensia umum (TIU), tes wawasan kebangsaan (TWK) dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Passing grade untuk masingmasing materi yakni TIU: 80, TWK:65 dan TKP:156. Hari Rabu (8/06/2022), SKD dimulai dengan sekolah kedinasan calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang akan diikuti 800 orang peserta.

Kesempatan tersebut, Kepala BKD Prov Sulut Clay Dondokambey, S.STP, MAP yang memantau pelaksanaan SKD menegaskan bahwa seleksi ini terbuka dan transparan, silahkan pantau langsung live scoring secara real time di akun youtube Kanreg XI BKN Manado, jangan mudah peserta tergoda pihak manapun yang menjanjikan kelulusan, Ujar Kaban BKD.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, BKN Regional XI dan IPDN Kampus Sulawesi Utara akan terus melakukan monitoring seluruh tahapan pelaksanaan SKD tersebut.(sulutonline)

Telah dibaca: 596

Budi Rarumangkay

Berita sejenis