Archive - 2012

December 31st

Wagub Kansil: Jaga Keamanan Saat Pisah Tahun

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) Sulut, Dr Djouhari Kansil, menghimbau agar masyarakat Sulut untuk terus menjaga keamanan lingkungan dalam menghadapi akhir tahun 2012 dan menyongsong tahun baru 2013.

Dikatakannya, keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan masing-masing merupakan tanggung jawab bersama. “Masyarakat juga harus tahu, siapa saja tamu yang berada dalam lingkungannya,”imbaunya.

Sambut Pisah Tahun, Pemprov Sulut Gelar Toast di Bumi Beringin

Manado-Untuk menyambut pisah tahun (2012-2013), Senin (31/12) malam, Pemprov Sulut akan menggelar acara Toast bersama di Kompleks Bumi Beringin Manado. Selain itu, di kawasan Boulevard Manado juga ada pagelaran music dan pesta Kembang Api.

Menurut Kepala Biro Umum, Farly Kotambunan SE, toast kenegaraan tersebut akan dipimpin langsung Gubernur Sulut, Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS).

“Ya, seperti biasanya setiap menyongsong tahun baru, akan dilaksanakan toast kenegaraan,” ujar Kotambunan.

Menko Kesra dan Gubernur Wakili Pemerintah Indonesia Antar Bantuan Bencana ke Filipina

Ketokohan Dr Sinyo Harry Sarundajang kembali diapresiasi oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Gubernur Sulawesi Utara ditunjuk oleh Pemerintah RI untuk mendampingi Menko Kesra RI Dr HR Agung Laksono mewakili Pemerintah Republik Indonesia mengantarkan langsung bantuan kemanusiaan untuk korban bencana Bopha Thypoon di Wilayah Palawan dan Mindanao Philipina.

Longsor Winangun Tewaskan 2 Warga

Manado-Hujan deras yang disertai longsoran tanah pada Minggu (30/12) sore menyebabkan 2 warga Kelurahan Winangun 1 Lingkungan 4 Kecamatan Malalayang, masing-masing Martha Langi (74) dan Robby Saroinsong (48) tewas tertimbun tanah longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado Maximilian Tatahede mengatakan, bencana di Kota Manado benar-benar merata di seluruh wilayah yang masuk dalam kategori rawan bencana.

Longsoran Sampah Tumpah ke Jalan

Manado-Curah hujan yang tak kunjung henti, selain menyebabkan banjir juga terjadi longsor di sejumlah tempat di Kota Manado.

Di Kelurahan Tingkulu, misalnya, akibat tumpukan sampah yang menggunung mengakibatkan longsoran sampah dan menutupi ruang jalan di dekat Gereja Bethani Tingkulu Manado.

Akibatnya, akses jalan ke arah itu, dipenuhi sampah dari bagian atas jalan berbukit yang tumpah ke jalan. (tim/sulutonline).

Avanza Hanyut Terseret Banjir

Manado--Hujan deras yang mengguyur kota Manado, Minggu (30/12/2012) membawa petaka tersendiri bagi sejumlah warga Manado. Selain terjadi longsor, angin puting beliung, juga sebuah mobil jenis Toyota Avansa Hitam Plat Nomor DB 4068 AM, terseret banjir.

Mobil dengan pengendara Hasan Lamuju (45) tersebut, terseret dan tenggelam saat melintas di jalan Siswa Kelurahan Taas, Lingkungan I Kecamatan Tikala Manado.

Ruas Ringroad Kembali Telan Korban

Manado-Ruas jalan Ringroad Manado, kembali menelan korban setelah terjadi kecelakaan maut, tepatnya di depan SPBU Ringroad, Minggu (30/12/2012) sekitar pukul 06:30 pagi. Pengendara mobil Avanza DB 4303 FA bernama Stevi Arthur Sembel warga kleak lingkungan III Manado, tewas.

Sementara 2 orang teman korban dirawat di RS Advent Teling karena menderita luka serius.

December 30th

Angin Putting Beliung Hantam Belasan Rumah di Tikala Kumaraka

Manado-Belasan rumah di Kelurahan Tikala Kumaraka Manado, Sabtu (29/12) sekitar pukul 13.35 wita di hantam Angin Putting Beliung. Akibatnya, belasan rumah warga porak poranda. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkot Manado Drs Max Tatahede, dan Glenn Kowaas SH, Lurah Tikala Kumaraka, meninjau keadaan belasan rumah tersebut.”Kami telah melaporkan kejadian ini pada Walikota. Pemkot akan bantu warga yang terkena bencana ini,” Kata Drs Max Tatahede, Kepala BPBD Pemkot Manado.

December 29th

Bakudapa Kawanua Sedunia II Meriah

Manado-Spektalur ! Ibadah Natal dan malam Bakudapa Kawanua Sedunia (BKS) II yang digelar di Hotel Sutan Raja, Maumbi Minut, Jumat (28/12) diwarnai teaterikal dan konser musik Bambu.

Ribuan undangan bersama warga Kawanua “Pulang Kampung”dari berbagai Negara terlihat, terkagum-kagum dengan penampilan, para pemusik Bambu dari Kampung yang rencananya pada taon 2013 mendatang akan keliling Eropa.

Onibala Wakili Gubernur Tandatangani MOU Kreta Api Lintas Sulawesi

Toraja-Tekad dan komitmen Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang untuk membangun Sulut menuju pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik tidak pernah surut.

Khususnya dalam merintis pembangunan perkereta- apian lintas Sulawesi yang sebelumnya SHS telah melakukan loby-loby hingga keluar negeri yaitu Korea dan Rusia. Perjuangan untuk mewujudkan adanya pembangunan jalur perkereta apian lintas pulau Sulawesi tersebut, mulai membuahkan hasil.