Archive - Opini

February 17th, 2013

Berangus Mafia Tanah !

Keberadaan para spekulan (Mafia,red) tanah di Sulut, terus mempersulit laju pembangunan. Pun para pemain tanah ini, sudah mengakar hingga di lembaga Negara paling berkompoten, yakni Badan Pertanahan Negara (BPN).

Bahkan terendus, jaringan mereka hingga ke lembaga peradilan. Para penegak hukum dalam memutus perkara tanah masuk dalam lingkaran spekulan. Mereka menebar jaringan seperti Jaring Laba-Laba, hingga ke aparat paling bawah di tingkat kelurahan dan pedesaan.

February 3rd

REVOLUSI dan REVOLUSIONER !!!

Catatan: Franky Kowaas

Untuk BEBAS dari korupsi pemiskinan dan penjajahan secara politik dan ekonomi di Indonesia, hanya ada satu jalan....REVOLUSI! Karena jika berpikir ada jalan lain selain REVOLUSI, maka sebenarnya kita terus menerus berada dalam kebodohan !

Ungkapan yang selalu di kumandangkan para BANGSAT dan PENJAHAT yang berlebel Pemerintah Penguasa dan Konglomerasi/Kapilatis yaitu:

January 28th

Agama Hanyalah Organisasi, Agama Bukan Tuhan

Catatan: Gerry Wowor

Banyak yang salah mengartikan tentang Organisasi Agama, terkadang orang menilai Agama sebagai penyelamat, dan terkadang pula orang menilai Agama sebagai sebuah Tuhan.

Sungguh ironis ketika banyak figure politisi berlindung dibalik Organisasi Agama yang berakhir di terali besih.

Banyak orang melakukan kekerasan demi mempertahankan sebuah Ideologi Agama, sehingga mereka rela membunuh dan menindas orang lemah beratas namakan Agama, karena dalam pikiran mereka bahwa Agama yang mereka miliki adalah yang paling benar.

October 21st, 2012

OPINI: Tentang Media Online

(Oleh: Paulus Adrian Sembel)
BEBERAPA kalangan saat ini menilai bahwa media online hanya sekedar pelengkap informasi, gagah-gagahan bahkan ada yang ekstrim menyatakan bahwa media online tidak penting, kurang jelas, dan lain sebagainya.

Namun ini sebenarnya pandangan yang salah bagi orang yang tidak 'melek informasi'. Era sekarang adalah era "masyarakat informasi" dan jauh sejak dulu kala (tahun 1944) pakar komunikasi/informasi Mc Luhan sudah memperkenalkan konsep tentang 'information is commodity' dimana informasi merupakan salah satu kebutuhan selain 9 kebutuhan pokok manusia.

February 7th

Politik dan Kekuasaan

Oleh: Michael Towoliu

ADA rasa haru ketika tahun baru 2012 akan tiba….ada rasa sedih ketika tahun 2011 akan berakhir…berbuat salah itu manusiawi, memaafkan itu mulia…sepenggal kalimat dari seorang sahabat jelang acara perpisahan tahun, ternyata cukup menggetarkan hati. Kata memaafkan yang didengungkan, seakan tak pernah hilang dari ingatan. Betapa tidak, sebagai manusia, tentunya kita semua pernah melakukan kesalahan, baik secara sadar maupun tidak. Jelas saja, pasti ada yang merasa sakit hati akibat yang ditimbulkan dari perbuatan itu.

February 20th

Mengganti Bhinneka Tunggal Ika Dengan Torang Samua Basudara

Oleh: Pitres Sombowadile.

KONDISI damai, tentram dan sentosa Manado yang dibanggakan kini bukanlah prestasi satu dua pihak. Tapi merupakan buah dari kerja bersama antara pemerintah dan peran significant masyarakat sipil. Slogan kemudian dibuat Gubernur Mangindaan untuk merangkum kondisi yang mesti terus dipertahankan itu sebagai etika Torang Samua Basudara.