Wilar: Pencekalan Terhadap Bupati Talaud Harus Dilakukan

Manado-Peneliti senior KPG Jogya, Max Wilar, mengatakan upaya pencekalan terhadap Bupati Talaud oleh Kajati Sulut , patut diacungi jempol. Dan merupakan suatu keharusan, sebab kasus korupsi adalah kasus kejahatan yang luar biasa. Karenanya harus ditangani secara professional.

Alasan yang paling mendasar terhadap upaya pencekalan ini kenapa harus dilakukan, terang Wilar, sebab akan menyulitkan dan menghambat proses hukum jika tersangkanya berada di luar negeri. “Sebab bukan tidak mungkin dibelakang kasus SPPD Rp 9.8 miliar yang disangkakan akan ada lagi angka kerugian Negara yang lebih besar, mengingat opini BPK terhadap laporan keuangan Talaud selama tiga tahun berturut-turut dinyatakan disclamer,”urai Wilar.

Wilar kemudian menambahkan, Teror dengan korupsi sama jahatnya. Jika terror menghilangkan nyawa orang secara brutal, maka korupsi merampok harta Negara secara keji. “Bila perlu tersangkanya harus segera ditahan demi hokum untuk kepentingan penyidikan,”tandasnya.

Bahkan menurut Wilar, tersangka saat ini sedang berada di Jakarta dan menemui Komisi 3 DPR-RI, melakukan upaya politisasi. Upaya ini katanya, merupakan bentuk perlawanan terhadap kinerja Korps Adhiyaksa Sulut. “Tersangka seaiknya segera kembali ke Talaud untuk kepentingan pemeriksaan karena toh, ada asas praduga tak bersalah. Pun tersangka bisa menyediakan pengacara untuk pembelaan,”saran Wilar.

Diketahui, Kajati Arnold Anglouw melalui jubir Kajati Reinhard Tololiu SH, mengatakan, akan melakukan pencekalan terhadap tersangka Bupati Talaud. Upaya ini dilakukan untuk mempermudah pemeriksaan jika sewaktu-waktu diperlukan. Kendati pencekalan ini hanya berlaku jika tersangka mau ke luar negeri. “Kalau hanya di dalam negeri silahkan saja,” katanya.

Sementara itu, Kajati juga telah menurunkan tim ke Talaud untuk melakukan penyitaan dokumen. Korps baju coklat ini juga telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi terkait kasus ini. (BR.sulutonline)

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options