Pemprov- KPPU Kolaborasi Stabilkan Harga Cengkih dan Pala

Pemprov- KPPU Kolaborasi Stabilkan Harga Cengkih dan PalaPemprov- KPPU Kolaborasi Stabilkan Harga Cengkih dan Pala


Manado-
Harga Dua komoditi andalan Sulut yakni Pala dan Cengkih mendapat perhatian khusus dari Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Pusat Ir Tadjudin Noer Said. Buktinya saat melakukan pertemuan dengan Wagub Dr Djouhari Kansil MPd di ruangan kerja Wagub, Jumat (03/08), Tadjudin menyebutkan, harga dua komoditi andalan Bumi Nyiur Melambai itu sering dipermainkan oleh para pengusaha (eksportir).

Karena itulah ia mendesak Pemprov Sulut dalam menjaga stabilitas harga dua komoditi tersebut dapat berkolaborasi dengan KPPU. “Kami akan membantu Pemda Sulut untuk menjaga stabilitas harga dimaksud sesuai fungsi tugas yang kami emban, “tegasnya.

Seperti yang terjadi saat ini uni eropa memproteksi agar 20 persen komoditi Pala Indonesia yang di ekspor ke wilayah mereka harus di uji laboratorium terlebih dahulu, alasannya karena Pala kita terindikasi terkena virus aflatoksin.

Olehnya Ia berharap Pemprov Sulut dapat menseriusinya, sebab Sulut merupakan daerah terbesar penghasil komoditi tersebut. Sembari mengungkapkan rasa kecurigaannya terhadap kebijakan dari uni eropa tersebut, “Jangan-jangan ini merupakan bentuk permainan mereka juga, “tandasnya.

Diketahui harga komoditi Cengkih dipasaran saat ini berada di kisaran Rp. 82,833/kg sementara harga Pala Rp 77-78 ribu/kg untuk pala A, pala AT Rp. 57-77 ribu/kg, pala B Rp. 45 ribu/kg dan harga fuli berada dikisaran Rp. 140 - 145 ribu/kg.

Tajudin juga memberi apresiasi postif atas kebijakan Pemprov Sulut lewat gebrakan Gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang untuk menjadikan Sulut sebagai pintu gerbang di Asia Pasifik. Langkah itu sangat tepat karena Sulut letaknya sangat dekat dengan raksasa ekonomi dunia saat ini seperti Korea, Jepang dan Amerika.

Karena itu Ia mengajak agar Pemprov Sulut dapat menata ulang sistem ekonomi yang ada, “Kalau dulu ekonomi kita selalu mengarah ke barat dan tertuju ke Singapura, itu sudah merupakan masa lalu, saat ini ekonomi dunia sudah berpindah tidak lagi menjadikan Singapura sebagi pusatnya ekonomi di kawasan Asean. tetapi mari kita bangun di kawasan Timur Indonesia, contohnya seperti Sulut karena letaknya sangat strategis, “pungkasnya.

Wagub Kansil merasa berterima kasih, atas sumbangsi pemikiran dari Ketua KPPU Pusat Tadjudin Noer Said dalam memajukan daerah ini, Nantinya dalam setiap pertemuan terutama yang berkaitan dengan ekonomi dan yang dihadiri oleh para pelaku usaha di daerah ini akan mengajak KPPU untuk boleh bersama-sama, sekaligus memberi pemahaman yang jelas menyangkut tanggung jawab pelaku usaha dan dunia persaingan bisnis saat ini.

Kansil mengatakan, saat ini Pemprov telah bekerjasama dengan Kanwil Pajak, terkait dengan NPWP bagi pegusaha luar daerah yang memiliki proyek di Sulut. “Dengan adanya NPWP tersebut maka pajaknya harus di bayar di sini (daerah Sulut), “katanya.

Wagub menambahkan, sekarang ini Pemprov Sulut sementara memperjuangkan Judicial Reviw untuk Cukai Cengkih ke pemerintah pusat, “Karena sekarang hanya berlaku cukai tembakau,”katanya.

Karo Perekonomian Dr Adry Manengkey SE MSi, menyebutkan, tujuan pertemuan itu dalam rangka KPPU akan pindah Kantor karena selama dua tahun ini berkantor di Kantor Gubernur Sulut, dan saat ini mereka sudah memiliki kantor sendiri di bilangan Rike Manado.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Sekjen KPPU Ir Lilik Gani H.A. Ph.D dan Karo Humas dan Hukum KPPU Ahmad Junaid, SH MH LLM..(Tim/sulutonline).

dfEzcJ sbujjylhopkg,

dfEzcJ sbujjylhopkg, [url=http://vhbgoeutjhxk.com/]vhbgoeutjhxk[/url], [link=http://zujjjtzjflfm.com/]zujjjtzjflfm[/link], http://yejxrufvldtw.com/

Hey very nice blog! Here is

Hey very nice blog!

Here is my blog post garcinia cambogia extract dr oz (Magda)

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.