Tunjang Pariwisata, FKDM Kunjungi Bunaken

Tunjang Pariwisata, FKDM Kunjungi BunakenTunjang Pariwisata, FKDM Kunjungi Bunaken

Manado-Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Manado, Selasa (25/06/2019) terus melakukan sosialisasi. Kali ini dilakukan di Kecamatan Bunaken Kepulauan.

Organisasi yang diketuai oleh James Karinda SH, Wakil Ketua Johan Nelwan dan Sekretaris Johny Sumual SH ini, beranggotakan 11 personel dari berbagai latar belakang profesi.

Menurut James Karinda, hal paling krusial bagi Kota Manado yang menjadi pekerjaan rumah FKDM adalah aksi premanisme.” Aksi ini dapat merusak kehidupan sosial masyarakat. Saat ini banyak konflik dipicu oleh perbedaan suku, ras dan agama. Nah, ini yang harus kita tanggal sejak dini,”katanya .
FKDM saat dialog bersama para guru SD Bunaken
Dikatakan James Karinda, termasuk gerakan teroris, harus kita cegah sedini mungkin. Lebih cepat lebih baik. Jangan ketika ada persoalan baru diselesaikan. Forum ini ada untuk mendeteksi secara dini," katanya membuka acara sosialisasi di kantor kecamatan Bunaken

Selain itu, masalah seperti bencana alam, penyakit menular serta berbagai masalah lainnya menjadi perhatian organisasi ini. Ketika ada gangguan keamanan, langsung mengkomunikasikan itu pada aparat berwajib.
FKDM saat dialog bersama murid SD Bunaken
Acara sosialisasi kemudian dilanjutkan oleh Goinpeace dan Jhon Sumual. Sementara anggota lainnya bersama ketua FKDM melanjutkan survey lapangan. Setelah mengunjungi kantor Puskesmas dan area PLTS dilanjutkan melihat dan dialog bersama guru dan murid SD Bunaken. “Yang paling dibutuhkan disini adalah tenaga pengajar,”kata salah seorang guru.

Menarik saat berada di lokasi area PLTS. Sumbangan pemerintah Australia untuk peralatan PLTS senilai miliaran rupiah sudah tidak berfungsi. “Saat ini kami hanya memakai Genzet,” ujar salah satu karyawan.
FKDM mengunjungi area PLTS Bunaken
“Yang pasti, kita harus jaga dan rawat keberadaan pulau Bunaken, sebab yang kita jual adalah Bunaken, termasuk dalam Manado Fiesta 2019,”kata James Karinda.

Hadir dalam sosialsasi Camat Bunaken Kepulauan Robert Dauhan, para staf Kesbangpol Kota Manado, Lurah dan Pala Bunaken. (tim/sulutonline)