ODSK Terus Genjot Peningkatan Sektor Perekonomian Sulut

Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (ODSK)Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (ODSK)

Manado-Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) yang menjadi salah satu program utama Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, terus menjadi perhatian khusus Biro Ekonomi Setdaprov Sulut.

Kepala Biro Ir Hanny Wajong MSi, kepada wartawan, Kamis 08/08/2019), mengatakan kondisi perekonomian Sulawesi Utara saat ini terutama soal komoditi Kopra dan Cengkeh, pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait yaitu Dinas Perkebunan Sulut untuk membahas soal masalah tersebut.

“Saat ini kami sedang koordinasikan dengan Dinas terkait guna membahas lebih jauh akan hal ini, agar bisa didapatkan format yang tepat”, sambungnya.

Menurut Wajong, koordinasi baik pusat dan daerah serta sesama stakeholder terkait sangatlah penting, mengingat komoditi tersebut merupakan bagian penting dalam lingkaran perekonomian Provinsi Sulawesi Utara.

Tidak hanya itu, Wajong mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan ekspansi ke pabrik-pabrik terkait guna mempromosikan para pengusaha untuk bisa menggunakan produk lokal seperti kelapa dan cengkeh dalam olahan produk mereka.

“Jadi kita juga sedang turun ke pabrik-pabrik besar yang ada di Sulut, kami mencoba meminta mereka aga supaya bisa secara langsung membeli dan menggunakan hasil olahan dari para petani lokal kita baik itu olahan dari Kelapa hingga Cengkeh untuk dimasukan dalam produk mereka seperti minyak kelapa kemasan hingga rokok, agar benar-benar bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat yang dalam hal ini para petani kelapa dan cengkeh”, jelas Wajong.

Dikatakan Wajong hal ini merupakan salah satu bentuk solusi pemerintah untuk menaikkan harga jual komoditi Kelapa dan Kopra dengan cara menjembatani secara langsung antara petani dan pengusaha pabrikkan, yang secara langsung sangat membantu dalam menaikkan perekonomian Sulut.

“Ini sangat membantu dalam menaikkan perekonomian daerah, apalagi saat ini kita dibantu dengan sektor pariwisata yang sedang bagus-bagusnya berkat kerja keras Pak Gubernur dan Wakil Gubernur”, bebernya lagi.

Wajong pun sempat mengatakan bahwa ada ide dari pihak pemerintah untuk mengemas produk minyak kelapa daerah sebagaimana mungkin untuk nantinya dimasukkan ke sektor pariwisata dan dijadikan salah satu souvenir unggulan nantinya.

“Bisa saja, jika kota kemas dengan baik, lalu kita promosikan, kan bisa jadi salah satu souvenir unggulan”, ucap Wajong.

Intinya, terang Wajong, pihaknya akan berusaha semakin keras sesuai dengan instruksi Gubernur guna meningkatkan sektor perekonomian daerah Sulawesi Utara guna merealisasikan program unggulan Gubernur dan Wagub yaitu ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan).

Diakhir pembicaraan, Wajong mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada Gubernur dan Wagub Sulut atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.
“Saya sangat berterima kasih kepada Pak Gubernur dan Wagub atas amanah ini,”ucapnya. (tim/sulutonline)