Gubernur Olly Dondokambey Saksikan Latma Elang Ausindo 2019

Gubernur Olly Dondokambey Saksikan Latma Elang Ausindo 2019Gubernur Olly Dondokambey Saksikan Latma Elang Ausindo 2019

Manado-Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyaksikan Latihan bersama antara TNI Angkatan Udara dengan Royal Australian Air Force (RAAF) atau ‘Latma Elang Ausindo 2019’ di Lanud Sam Ratulangi Manado, Kamis (19/9/2019).

Didampingi Danlanudsri Kolonel Pnb. Johnny Sumaryana dan CO 1 SQN GPCAPT Chappell Stephen Gareth (OC 82 WING).

Gubernur Olly tampil gagah dengan kaos loreng biru khas TNI AU, topi dan kaca mata hitam melihat seluruh personel TNI AU dan RAAF yang sedang berlatih khusus meningkatkan kemampuan dalam pengkayaan taktik dan teknik pada operasi udara.

Latma Elang Ausindo 2019 yang berlangsung pada tanggal 16 hingga 29 September 2019 ini melibatkan sebanyak 195 personel TNI AU dan 160 personel RAAF sekaligus untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Australia.

Disamping itu, TNI AU mengerahkan enam unit F16 Fighting Falcon yang terdiri dari lima unit dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan satu unit dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun, ditambah satu helikopter Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja Bogor sebagai pendukung SAR.

Sementara RAAF melibatkan enam unit F18 Hornet dari 1st RAAF Squadron. Selain pesawat tempur, latihan ini juga melibatkan pesawat C130 Hercules TNI AU dan C17 Globemaster RAAF. (tim/sulutonline)