Baleg DPR RI Cari Masukan RUU Perubahan Pilpres di Sulut

Manado-Dalam rangka menyempurnakan rancangan perubahan undang – undang nomor 42 tahun 2008 tentang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Badan Legislasi DPR RI melaksanakan kunjungan ke Provinsi Sulut guna mencari masukan dan aspirasi guna menyampurkan undang-undang tersebut.

Kunjungan Baleg tersebut dilaksanakan Senin (08/10) bertempat di ruang Mapaluse Kantor Gubernur dan diterima langsung oleh Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil, MPd di dampingi oleh kepala kepala SKPD terkait.

“Saya menyambut baik kunjungan tim Baleg karena masyarakat Sulut sendiri sangat mengharapkan adanya penyempurnaan terhadap peraturan perundangan yang mengatur tentang pemilihan presiden dan Wakil Presiden, dalam hal ini Undang-undang nomor 42 tahun 2008,” ujar Wagub.

Pemilu tahun 2014 nanti akan menjadi pemilu ke empat yang dinilai menjadi pemilu demokratis. Dipahami bersama demokrasi yang di bangun Indonesia berkaitan dengan perjalanan reformasi yang sampai saat ini masih menjadi pekerjaan rumah untuk mendapai demokrasi yang terkonsolidasi.

Wagub mengatakan, Pilpres juga merupakan bagian dari konsolidasi demokrasi. “Esensi konsoliodasi adalah legitimasi, dan Pilpres merupakan jalan terciptanya pemerintahan demokratis untuk mendapatkan legitimasi dari rakyat, dengan kata lain pemilu akan menghasilkan pemerintahan perwakilan yang diabsahkan dan diakui bersama oleh rakyat,” ujar Wagub.

Ketua rombongan Baleg, Ibu Anna Muawanah, SE menyatakan, DPR RI juga saat ini sedang berupaya menuntaskan penyusunan RUU tersebut, yang tentunya diharapkan melalui beberapa masukan dari Pemprov Sulut akan tertuang jelas tentang esensi konsolidasi demokrasi, agar bisa terbangun struktur politik yang semakin terbuka, akuntabel dan representatif, serta dapat memberikan arti bahwa kebebasan politik dijamin, tetapi harus tetap tunduk pada hukum.

Disamping itu, terhadap pelembagaan politik agar terbangun dan tertata struktur politik dan pemerintahan untuk menjamin terselenggaranya birokrasi yang melayani kebutuhan publik, pemerintahan perwakilan yang mapan dan bertanggungjawab.(Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.