Semiliar Terumbu Karang Sulut Untuk Dunia

Terumbu KarangTerumbu Karang

Terumbu Karang adalah salah satu paru-paru dunia yang harus dijaga dan dilestarikan. Sementara fakta, luas hutan Indonesia 88 juta hektare. Setiap tahun menyusut 1,871 hektare. Fakta ini adalah jalan terjal bagi Indonesia menuju paru-paru dunia.

Karenanya, melalui rehabilitasi SEMILIAR TERUMBU KARANG yang akan dilaksanakan di Manado pada tanggal 23 dan 24 November 2012 mendatang, diharapkan bisa menjadi salah satu solusi dari pengrusakan laut.

“Nantinya, dalam rangkaian acara ini akan diadakan seminar, bersih pantai di Malalayang dan pengobatan gratis untuk masyarakat. Acara ini diinisiatif oleh Kementrian Menkokesra,”terang Ir Happy J Korah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut, Kamis (25/10).

Dikatakan Korah, acara ini menjadi begitu penting bagi Indonesia dan Sulut khususnya menyusul bakal hadirnya 3 Menteri Negara, masing-masingMenteri Kelautan dan Perikanan, Menkokesra, dan Menteri Lingkungan Hidup.

“Selain akan melibatkan TNI/Polri dan ribuan masyarakat, juga perwakilan dari UNECO dan FAO serta CTI akan hadir,”tambah Korah seraya menambahkan, Program Semiliar Terumbu Karang tersebut, akan mengambil bibit karang hasil transplantasi terumbu karang dari pulau Bunaken.

Diketahui, kondisi alam, darat maupun laut, yang kurang terjaga ditambah perubahan iklim global, membuat jalan menuju paru-paru dunia lebih berliku. Kondisi laut, misalnya. Pemantauan satelit pada 1993-2001 menunjukkan naiknya permukaan air laut rata-rata 2-4 milimeter per tahun atau naik satu meter dalam 100 tahun dengan kondisi terumbu karang mulai rusak.

“Dengan program semiliar terumbu karang di Sulut, diharapkan menjadi persembahan Indonesia khususnya Sulut untuk dunia,”pungkas Korah yang juga sebagai ketua panitia local acara tersebut. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.