Sekdaprov Peringatkan Kepala SKPD Terkait Pelayanan Publik

Manado-Kepala Dinas, Badan dan Biro di jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara diperingatkan agar segera membuat aturan terkait dengan standar pelayanan publik.

"Wajib hukumnya. Paling lambat pekan depan kepala dinas, badan dan biro sudah mengeluarkan aturan terkait pelayanan publik di masing-masing di instansinya,"tegas Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut, Ir Siswa Rachmat Mokodongan, Kamis (08/11).

Mokodongan menegaskan, dalam aturan yang dikeluarkan tersebut akan memuat standar pelayanan, maklumat pelayanan, sistem informasi, pengelolaan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan publik, pengelolaan pengaduan dan didukung dengan ketersediaan kotak pengaduan.

Selain itu, aturan tersebut harus mengkonkritkan apa yang menjadi hak dan kewajiban dari pelaksana, peran serta masyarakat, penilaian kinerja serta sanksi yang akan diberikan apabila aturan tersebut tidak diterapkan.

"Penerapan aturan tersebut akan diawasi secara bergantian apakah dilakukan wakil gubernur, sekdaprov atau para asisten. Kami akan turun ke semua satuan kerja perangkat daerah atau SKPD,"jelasnya.

Dalam rangka pengawasan, tambah Mokodongan, inspektorat juga akan terlibat di dalamnya, dan akan menjadi salah satu objek pemeriksaan, dan hasil pemeriksaan akan dijadikan sebagai sebuah dokumentasi dalam rangka bahan evaluasi dari setiap kepala SKPD.

Ditambahkannya, setelah aturan dibuat akan dilakukan sosialisasi ke semua SKPD, kemudian dilanjutkan dengan penarapannya sebelum dievaluasi.

"Semua ini ada nilainya atau bobot sampai sejauh mana aturan yang dikeluarkan oleh kepala SKPD dilaksanakan. Inipun akan dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi pembina," tegasnya.

Meskipun tidak merinci tegas apa sanksi yang akan diberikan, namun menurut Mokodongan, sanksi akan diberlakukan apabila standar pelayanan publik ini tidak diterapkan di masing-masing SKPD.(Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.