6 Gubernur Seriusi Pembangunan Jalur KA Makassar-Bitung

KERETA  APIKERETA API

Manado-Enam pimpinan provinsi yang bakal dilalui jalur kereta api di pulau Sulawesi, seriusi rencana pembangunan tersebut. Demikian Parlindungan Tampubolon Kadis Hubkominfo Sulut.

Ke 6 provinsi tersebut masing-masing, Sulawesi Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo

"Baru-baru ini, ke enam pimpinan provinsi tersebut diundang ke Kementerian Perhubungan untuk membahas rencana pembangunan jalur kereta api ini," ungkap Tampubolon.

Dijelaskannya, pembangunan jalur kereta api ini sudah masuk dalam perencanaan pembangunan nasional. Implikasinya, persiapan demi persiapan sudah harus mulai dilakukan oleh masing-masing pemerintah provinsi.

“Salah satu yang dibahas pada saat pertemuan dengan kementerian perhubungan adalah persiapan studi kelayakan yang akan memetakan lokasi yang akan dilalui jalur kereta api ini,”katanya.

Diharapkan, pembangunan jalur kereta api yang melintas di enam provinsi akan memberikan dampak pada peningkatan ekonomi masing-masing daerah, karena semakin mudah menjangkau pasar internasional di kawasan Asia Pasifik.

Dimana, produksi dari berbagai sektor masing-masing provinsi akan dibawa ke Pelabuhan Internasional Bitung, untuk selanjutnya diekspor ke luar negeri. Begitupun dengan beragam hasil perikanan dan kelautan, pertanian dan perkebunan di kawasan Timur Indonesia, akan semakin gampang dipasarkan ke kawasan Asia Pasifik.

Pemerintah provinsi sangat serius membangun jalur kereta api Makkasar-Bitung karena akan menjadi salah satu infrastruktur pendukung bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung yang ditetapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options