Jepang Bantu Transplantasi Terumbu Karang Sulut

Gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang saat memberikan sambutan dalam pencanangan semiliar terumbu karangGubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang saat memberikan sambutan dalam pencanangan semiliar terumbu karang

Manado-Gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang mengatakan, program pencanangan Semiliar Terumbu Karang yang dilakukan di pantai Malalayang Manado, Sabtu (24/11), sangat aman dan tidak merusak habitat yang ada.

“Sebab, hasil transplantasi terumbu karang untuk program ini sudah dilakukan kajian dengan teknologi canggih yang melibatkan pihak Jepang, Unsrat serta Dinas Kelautan dan Perikanan,”katanya saat memberikan keterangan pers usai acara pencanangan tersebut.

Gubernur juga mengatakan, acara seperti ini juga akan dilakukan di kabupaten dan kota yang memiliki wilayah pantai di Sulut.

Menkokesra dan Gubernur saat meninjau pameran lukisan bahari yang akan dipajang di gedung CTI
Sementara Deputi, Willem Rampangiley menambahkan, pencanangan ini sudah direncanakan jauh hari sebelumnya. “Penelitian sudah satu tahun lalu. Jadi apa yang kami lakukan tidak akan merusak habitat yang ada. Ini adalah pilot city dari pilot project dan sebagai pusat penelitian Terumbu Karang dunia. Namun tanpa dukungan masyarakat tidak akan terlaksana. Jadi marilah kita dukung bersama program ini demi anak cucu kita nanti,”katanya.

Menyinggung soal maraknya reklamasi pantai menurut Menkokesra, harus diperhitungkan amdalnya. “Ini tugas pemda setempat. Kalaupun sudah terlanjur di reklamasi, namun titik-titik Terumbu Karang jangan di abaikan,”tegasnya. (Baca berita terkait: Kemenkokesra Akan Berikan Award Khusus, red)- (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options