“Masa Depan Dunia Ada Di Pacific”

Gub SHS saat menjadi pembicara dalam International Seminar on Culture and TraditionGub SHS saat menjadi pembicara dalam International Seminar on Culture and Tradition

Manado-Pacific adalah masa depan dunia. Data menunjukkan bahwa enam puluh persen Kapal yang berlayar di muka bumi ini ada di Samudera Pacific. Hal tersebut mengindikasikan bahwa enam puluh persen perekonomian dunia saat ini bergerak di Pacific.

Negara-negara di sepanjang pantai Samudera Pacific akan menjadi “Kekuatan Dunia” yang akan memainkan peran sangat dominan dalam perputaran perekonomian dunia. Indonesia saat ini sedang berkembang menuju salah satu kekuatan baru tersebut menyusul Korea, Taiwan Jepang dan China.

Secara geostrategis Sulawesi Utara berada dalam posisi yang sangat strategis menuju ke Pacific dan sangat potensial untuk menjadi “New Gate” menuju Pacific.

Demikian antara lain dikatakan Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Harry Sarundajang dalam Keynote Speechnya ketika membuka acara International Seminar on Pacific Culture and Tradition yang dilaksanakan di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Selasa (04/12).

Seminar yang diselenggarakan bersama oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan PT Mitra Pariwisata Convex, bertujuan untuk antara lain untuk Mengembangkan Paradigma tradisi dan budaya tentang Peranan Indonesia di kawasan Pacific sebagai Era Masa Depan, dan untuk menyiapkan bahan dasar untuk pembangunan Museum, Pusat Studi, dan Pusat Observatory tentang Pacific.

Berkaitan dengan hal tersebut Gubernur mengatakan bahwa Sulawesi Utara sangat potensial dan strategis untuk menjadi lokasi pembangunan Museum, Pusat Studi dan Pusat Observatory tentang Pacifik. Hal ini sangat sejalan dengan dengan Visi dan Misi untuk menjadikan Sulawesi Utara sebagai Pintu Gerbang Baru Indonesia ke Asia Pacifik. Sulawesi Utara telah menjadi Ikon baru pertumbuhan ekonomi dan tujuan wisata di kawasan timur Indonesia dan telah mendunia sejak keberhasilan penyelenggaraan WOC dan CTI Summit 2009 yang lalu.

Apalagi dengan akan diresmikannya oleh Presiden RI gedung Coral Triangle Initiative Secretariat yang pembangunannya hampir rampung dan rencananya akan diresmikan pada Peringatan HPN di Sulut Februari 2013 nanti.
Pemukulan Tetengkoren sebagai tanda dimulai acara seminar
Seminar ini dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang Hukum Prof Dr Anna Erliana, SH, MH, Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI AM Fachir, Mantan Dirjen Asean yang sekarang ini menjabat Duta Besar Indonesia untuk Republik Federasi Rusia merangkap Republik Belarusia Djouhari Oratmangun, putra Sulawesi Utara yang lahir di Beo dan besar di Desa Kamangta, Wartawan Senior Harry Kawilarang, Annie Ross pengajar Ilmu Sosial dan Kebudayaan pada Universitas Queensland, Daud Aris Tanudirjo Pengajar Ilmu Arkeologi di Universitas Gajah Mada Jogjakarta, Sabbam Siagian, wartawan senior mantan Duber RI di Australia, Prof. Dr. Heather Curnow korator dan penulis artikel seni di majalah dan surat kabar Australia serta sejarawan nasional Didi Kwartanada. Lawrence Blair. Tokoh-tokoh ini memberikan materi dalam seminar ini.

Melalui seminar ini Gubernur berharap akan hadir konsep yang cemerlang yang akan menjadi referensi pengembangan budaya dan seni kawasan Asia Pacifik yang banyak memiliki kesamaan untuk menjadi kekuatan yang akan menginspirasi percepatan pengembangan dan pembangunan ekonomi kawasan Asia Pacifik. (Tim/sulutonline).

Pretty nice post. I simply

Pretty nice post. I simply stumbled upon your blog and wished to mention that I have truly enjoyed surfing around your blog posts.
In any case I'll be subscribing on your rss feed and I'm hoping you write again very soon!

my blog: [url=http://www.dealforbiz.com/groups/hcg-drops-u2013-slim-down-even-during-pregnancy/]diet max[/url]

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options