Harry Kawilarang: Indonesia Telah Jadi Daya Tarik Dunia

Michael Umbas moderator dalam sesi pertama International Seminar on Culture and TraditionMichael Umbas moderator dalam sesi pertama International Seminar on Culture and Tradition

Manado-Letak geografis Indonesia berada di antara benua Asia dan Australia serta Dua Samudera, yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasific, telah menjadi daya tarik dunia dari abad ke abad.

Demikian, antara lain pemaparan materi ” Mancari Titik Kesamaan Budaya Indonesia dan Negara Kawasan Pasifik” yang disampaikan Harry Kawilarang, penulis sekaligus peneliti dalam International Seminar on Culture and Tradition, di Peninsula Hotel Manado, Selasa (04/12).

Posisi Indonesia juga katanya, berada di jalur lintas niaga dari Eropa, Timur Tengah, Asia Selatan menuju Asia Timur.”Ini semua telah menjadi besi berani atau magnet berbagai negeri di dunia,”katanya saat sesi dialog pertama dalam seminar tersebut.
 Deretan Para pembicara berkelas dalam International Seminar on culture and tradition
Seminar itu sendiri menampilkan berbagai pembicara berkelas. Bahkan Gubernur Sulut, berbicara sampai Satu jam lebih. Dialog yang dibagi dalam Dua sesi itu juga dipandu oleh moderator berkelas, yakni Michael Umbas dan Reiner Ointoe.

Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Republik Belarus, Djauhari Oratmangun mengatakan, pasifik bukan lagi akan menjadi, tetapi sudah menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia.

Karena itu kata dubes, banyak pertemuan yang dilaksanakan di Asia Pasifik (aspac) khususnya yang mendrive ekonomi seperti Cina dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 7,2 persen, Jepang satu persen, serta Korea empat persen.

Sementara di kawasan "Association of Southeast Asian Nations" (ASEAN), Indonesia yang menjadi motor penggerak, sehingga telah menjadi kekuatan ekonomi baru dunia.
Reiner Ointoe moderator sesi kedua dalam International Seminar on Culture and Tradition
Oratmangun menambahkan, peran kementerian dan kebudayaan serta Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang menggelar seminar ini, harus diberikan apresiasi, karena yang bisa merekat pasifik sebagai pusat pertumbuhan ekonomi bertahan lama adalah ikatan budaya.

"Seminar internasional budaya dan tradisi pasifik adalah suatu inisiatif yang luar biasa," kata dia.

Dia mengatakan, ada banyak hal yang sudah dilakukan Indonesia dalam menggerakkan ekonomi di kawasan ASEAN dan Aspac, salah satunya menjadi "host" pelaksanaan Aspac ekonomi forum.

Dari pertemuan-pertemua ini menghasilkan geostrategi bagaimana menciptakan suatu kawasan yang stabil, aman dan damai sehingga pertumbuhan ekonomi dan ikatan sosio-budaya menjadi pilar utama Indonesia.

Dubes menjelaskan, Aspac mempunyai wadah "East Asia Summit" yang baru-baru ini digelar di Bali yang khusus membahas strategi politik dan keamanan, serta "Asia Pacific Economic Forum" yang khusus membahas ekonomi kawasan."Kita belum ada wadah Asia Pacific Sosial Culture Initiative. Saya pikir kemdikbud dapat mewujudkan hal ini," kata dia.
 Lawrence Blair mengatakan Indonesia is the best !. Sebelumnya, Staf Ahli Kemendiknas Bidang Hukum Nana Erliyana mengatakan sampai dengan saat ini aliansi dibidang kebudayaan di pasific belum terbentuk. Padahal di wilayah tersebut kebudayaannnya cukup beragam, namun demikian memiliki banyak kesamaan.

"Padahal jika aliansi tersebut terbentuk, hal tersebut cukup baik ditingkatkan menjadi kerjasama lainnya,"katanya.

Sementara Mantan Duta Besar RI di Australia Sabam Siagian, yang juga sebagai redaktur senior Harian The Jakarta Post menyebutkan, pembicaraan kita tentang Indonesia dengan Pasific memang pantas diselenggarakan di Manado.

“Karena putra daerah ini, salah satu perintis kemerdekaan GSSJ Ratulangi, seorang pakar ilmu matematika, telah menulis karya serius tentang apa yang beliau perkirakan perkembangan di Pasific dalam bahasa Belanda “Indonesia in de Pasific” dan “ De Pasific” (1938).

Seminar ini juga dihadiri para pakar dari Unsrat dan puluhan mahasiswa dari beberapa Universitas.(Baca berita terkait : Masa Depan Dunia Ada di Pasific,red)- (Tim/sulutonline).

I'm really impressed with

I'm really impressed with your writing skills and also with the layout on your blog.
Is this a paid theme or did you customize it yourself?
Anyway keep up the nice quality writing, it's rare to see a great blog like this one nowadays.

my web page ... including weight ([url=http://hsd.allalla.com/index.php/User:CharoletteMeeks]Alissa[/url])

Very nice article, totally

Very nice article, totally what I was looking for.

Also visit my web page: Zynev ingredients (Juliet)

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.