Mencegah dan Mengatasi Hipertensi

Kontrol Tekanan DarahKontrol Tekanan Darah

Makanan sering menjadi penyebab datangnya berbagai penyakit; Apa yang kita makan, bisa membuat kita sehat. Namun juga, apa yang kita makan bisa membuat kita sakit.

Nah, di akhir tahun 2012 ini, sering kita lupa mengontrol tekanan darah kita. Apalagi, banyak undangan perayaan Natal dan Tahun Baru. Berikut ada beberapa tips yang perlu kita ketahui untuk mencegah dan mengatasi terjadinya tekanan darah.

Hipertensi
atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang banyak kita temui di masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan. Dengan banyaknya masalah pekerjaan dan masalah hidup yang muncul membuat penyakit ini gampang sekali menjangkiti masyarakat sekarang ini. Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, juga gagal ginjal. Bahkan akibat yang paling parah adalah kematian. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita cegah penyakit tersebut sedari awal.

Penyebab Hipertensi / Darah Tinggi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Ada faktor penyebab tekanan darah tinggi yang tidak dapat dikendalikan. Ada juga yang dapat dikendalikan sehingga bisa mengatasi penyakit darah tinggi ini. Beberapa faktor tersebut antara lain:
a. Keturunan
Faktor ini tidak bisa dikendalikan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi. Jadi jika seseorang memiliki orang tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik.
b. Usia
Faktor ini tidak bisa dikendalikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika usia seseorang bertambah, maka tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah Anda saat muda akan sama ketika Anda bertambah tua. Namun Anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.
c. Garam
Faktor ini bisa dikendalikan. Pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam, garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat. Untuk itu, bagi penderita-penderita tersebut diharapkan tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam.
d. Kolesterol
Faktor ini bisa dikendalikan. Kolesterol akan tertimbun pada dinding pembuluh darah jika kandungan lemak dalam darah berlebihan. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Oleh karena itu, kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin.
e. Obesitas / Kegemukan
Faktor ini bisa dikendalikan. Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi. Perhitungan berat badan ideal.
f. Stres
Faktor ini bisa dikendalikan. Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.
g. Rokok
Faktor ini bisa dikendalikan. Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.
h. Kafein
Faktor ini bisa dikendalikan. Kafein yang terdapat pada kopi, teh,maupun minuman cola bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.
i. Alkohol
Faktor ini bisa dikendalikan. Menkonsumsi alkohol secara berlebihan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.
j. Kurang Olahraga
Faktor ini bisa dikendalikan. Kurang olahraga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Dengan olahraga secara teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Namun, jangan melakukan olahraga yang berat jika Anda menderita tekanan darah tinggi.

Cara Mencegah dan Mengatasi Hipertensi / Darah Tinggi
Berikut ini beberapa langkah praktis yang bisa dilakukan untuk mencegah darah tinggi bagi Anda yang masih memiliki tekanan darah normal ataupun mengatasi darah tinggi bagi Anda yang sudah memiliki tekanan darah tinggi:

• Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam.

• Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

• Kurangi minuman atau makanan beralkohol. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari.

• Lakukan olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu.

• Perbanyak makan sayur dan buah yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk.

• Lakukan terapi anti stres agar mengurangi stres dan Anda mampu mengendalikan emosi Anda.

• Berhenti merokok juga berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

• Kendalikan kadar kolesterol Anda.

• Kendalikan diabetes Anda.

• Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah.

Hipertensi atau darah tinggi bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tetapi Anda bisa mencegah dan mengendalikan penyakit tersebut. (DokterSehat.com/sulutonline).

Everyone loves what you guys

Everyone loves what you guys are up too. Such clever work and exposure!
Keep up the awesome works guys I've added you guys to our blogroll.

Sebenarnya gula bukan garam

Sebenarnya gula bukan garam yang mungkin menjadi faktor penyebab sebenarnya untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi

Howdy! This blog post

Howdy! This blog post couldn't be written much better!

Looking through this article reminds me of my previous roommate!
He constantly kept talking about this. I'll send
this post to him. Pretty sure he wiol have a great read.
I appreciate you for sharing!

my site homepage (Clark)

Hipertensi menarik untuk

Hipertensi menarik untuk dikaji karena bisa menimbulkan banyak penyakit lain bila tidak ditangani dengan baik

• Kurangi konsumsi garam

• Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam.

Seperti nya benar artikel nya ini si kawan juga demikian soal nya..

sbobet online

obat rematik tradisional yg

obat rematik tradisional yg ampuh 100% aman,

Nice info guys ARTIKEL

Nice info guys ARTIKEL KESEHATAN

The tumor is an abnormal

The tumor is an abnormal http://antiaging-capsule.com/penyakit-tumor-otak/ growth of body tissues. Tumors occur when cells divide excessively in the body. Body always perform cell division to replace the old cells are dead with new cells. If http://antiaging-capsule.com/ the balance of cell division is disturbed or run is not normal then that is where the tumor can form. Growth can be classified as malignant (alignan) or a benign tumor (benign).

Of the many cases is grossly http://goo.gl/QK3OhB underestimating / underestimate the symptoms that may occur, or one of them with care and always assume that benign tumors are harmless, resulting in the growth and development http://goo.gl/Ybe9Ix of abnormal cells and rapidly enlarging gradually damaging the cells or body parts patients. This of course we must be cautious to avoid the http://goo.gl/YrGMye risk terserangnya this disease, with proper treatment as well as natural even though it was a benign tumor will greatly impact both our bodies kesehatn once for all.

Penyumbatan pembuluh darah

Penyumbatan pembuluh darah merupakan salah satu masalah kesehatan yang mempengaruhi kinerja tubuh. Penyumbatan pembuluh darah akan membuat sirkulasi darah tidak normal, sehingga pasokan darah ke organ tubuh lain akan terhambat. Masalah ini akan semakin rumit apabila terjadi pada alat pacu tubuh kita yaitu jantung. Jantung memompa darah keseluruh tubuh, dengan terjadinya penyumbatan maka darah dari jantung tidak bisa di salurkan. Oleh sebab itu penting sekali untuk mengatasi masalah ini sebaik mungkin.

Penyumbatan Pembuluh Darah Di Jantung

y0zQ97 zwensighfhqp,

y0zQ97 zwensighfhqp, [url=http://rofjrdivjxbj.com/]rofjrdivjxbj[/url], [link=http://svuaiguonavs.com/]svuaiguonavs[/link], http://ufcrcucovamr.com/

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.