Setiap Bulan 40 Ribu Orang Terinfeksi HIV

Manado-Data yang dibeber Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Nasional sangat mengejutkan. Betapa tidak, dalam penelitian dipublikasi di tahun 2005, membuat estimasi bahwa ada 20 ribu hingga 40 ribu orang setiap bulan yang terinfeksi HIV,di Indonesia dan sebagian mereka tidak terjangkau oleh program yang dilaksanakan KPAD.

Bahkan, sekitar 10 orang perhari yang meninggal karena AIDS baik yang sudah ataupun belum tersentuh pelayanan, bahkan mungkin juga mereka meninggal tanpa diagnosa AIDS. HIV-AIDS sama dengan bom waktu. Kegagalan ini disebabkan oleh Paradigma yakni Norma dan hukum.

Selain itu menurut Dr Bagus Rahmat Prabowo Koordinator Wilayah Sulawesi dan Kalimantan - Komisi Penanggulangan AIDS Nasional mengatakan, ada tiga kunci utama dalam penanggulangan HIV yakni pencegahan, pengobatan dan pemberdayaan jaringan.

Dikatakannya, bantuan sosialisasi dari pemerintah daerah sangat penting dalam melakukan terobosan pencegahan HIV ini, memang tidak butuh dana besar dalam penanggulangan ini, karena pemberdayaan komunitas yang sangat penting.

Karenanya Prabowo mengharapkan perhatian pemerintah lewat anggaran dari APBD yang akan sangat membantu program ini, supaya terus ada peningkatan.

”APBD diharapkan ada peningkatan untuk penanggulangan HIV di Sulut, ” katanya.

Sementara itu, pentolan KPAD Sulut Jones Oroh, menyebutkan, faktor penyebab penyebaran HIV-AIDS di Sulut, masih didominasi oleh 2 faktor utama yaitu Narkoba Suntik (IDU), Narkoba sudah menjadi trend anak muda serta menjadi bahan bisnis yang menggiurkan, dan hubungan seks (hetero dan homo).

“Tujuan dan upaya penanggulangan AIDS secara strategi nasional 1994 di tahun 2007- 2010 yakni mencegah penularan HIV, meningkatkan mutu hidup ODHA, mengurangi dampak sosial ekonomi epidemi AIDS,”jelas Oroh

Dikatakannya. skala implementasi tergantung situasi epidemi di daerah, dimana KPA mendorong hadirnya delapan layanan komprehensif yaitu intervensi perubahan perilaku, penggunaan kondom 100 persen, penatalaksanaan ims, konseling & testing sukarela (vct), care, support & treatment (cst), pengurangan dampak buruk (hr), pencegahan penularan dari ibu dan orang tua ke bayi (pmtct), dan komunikasi publik

Dalam mencegah penularan HIV dilakukan penjangkauan dan pendampingan populasi risti (Program GF, Care, NOVIB) lewat LSM local, layanan klinik IMS & VCT, kampanye media (HIV-AIDS, VCT, & Kondom) melalui dialog interaktif di TV & Radio, tulisan artikel di koran, pembuatan buletin kabar sehati setiap bulan, peringatan malam renungan AIDS nusantara (MRAN 2009), peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS 2009), sosialisasi dan penyuluhan ke semua lapisan masyarakat, dan membentuk kelompok masyarakat peduli AIDS. (BR/sulutonline)

I know this website provides

I know this website provides quality dependent
posts and other stuff, is there any other web page which gives these information in quality?

My web-site; garcinia cambogia labrada ([url=http://miss-sonya.ru/index.php/component/k2/item/57-%D0%BE-%D0%BD%D0%B0%D1%81]Sammy[/url])

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options