Tim Ekonomi Pemprov Awasi Gudang Bulog

Manado-Buntut maraknya keluhan dari masyarakat soal penyaluran Beras Miskin (Raskin) memaksa Pemprov Sulut lapangan. Bahkan menurut Kepala Biro Ekonomi Adry Manengkey SE, tim ekonomi Pemprov akan melakukan pengawasan di seluruh gudang Bulog yang ada di Sulut.

“Pengawasan ini, akan segera kami lakukan, untuk mencegah terjadinya kasus yang sama di pemberian raskin nanti,” kata Manengkey di sela-sela rapat yang dilaksanakan di ruang Huyula kantor Gubernur Sulut Rabu (24/03).

Diketahui, beberapa waktu lalu saat penyaluran Raskin di Sulut, didapati ulat dan beras yang membusuk yang dibagikan di kota Manado.

Menariknya, Manengkey juga mengakui beras Bulog yang masuk ke Sulut, sesungguhnya memiliki kualitas medium, namun itu karena faktor alam sehingga terjadi hal demikian.“Memang temuan ulat di raskin beberapa waktu lalu, akibat factor alam,” terang Manengkey.

Sementara itu, Kepala Bulog Divre Sulut, Widya mengungkapkan, pihaknya juga saat ini, telah melakukan dengan cara fumigasi, agar hama yang ada bisa teratasi serta telah mengusulkan ke Bulog pusat agar karung beras 15 kg diganti dengan kemasan karung beras 50 kg saja.

“Hal itu kami lakukan karena dalam dugaan kami, kemasan karung 15 kg dinilai rawan terkena hama,” ujarnya.

Widya menambahkan, untuk seluruh beras yang ada di Sulut, 95 persen berasal dari Sulsel sedangkan 5 persen dari Bolmong. “Kami juga menduga, beras dari Sulsel ini sebagian memiliki kualitas rendah sehingga terdapat hama ulat didalamnya,” ucap Widya, seraya menyebutkan, kedepan apabila dalam penyaluran Raskin, ternyata masih terdapat ulat diharapkan masyarakat segera melaporkan supaya, Bulog Sulut hari itu juga segera akan menggantinya dengan beras lain.(BR/sulutonline)

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options