Press Release TePI Indonesia

Jeirry Sumampow  Koordinator Komite Pe milih Indonesia (TePI Indonesia)Jeirry Sumampow Koordinator Komite Pe milih Indonesia (TePI Indonesia)

Jakarta 05 Februari 2013
Tahun 2013 adalah tahun politik !, sebab itu, Survey yang dirilis SMRC pekan ini langsung membuat situasi politik nasional makin panas. Setelah pekan sebelumnya, PKS yang menjadi perhatian public setelah Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaag, ditangkap KPK, kini PD yang kembali mendapat sorotan.

Pasalnya, survey SMRC menunjukan bahwa elektabilitas partai pemenang pemilu 2009 ini merosot sangat drastic sampai hanya 8.3%. inilah angka elektabilitas paling buruk PD setelah pemilu 2009 lalu.

Hal ini tentu langsung membuat kubu PD gusar dan panic sehingga sampai memunculkan wacana KLB untuk mengganti Anas Urbaningrum (AU). Salah satu alas an yang dikemukakan dalam hal keterpurukan PD ini adalah terjeratnya sejumlah petinggi PD, khususnya AU, dalam kasus korupsi.

Reaksi pun bermunculan dari pengurus PD di daerah. Ada yang setuju, tapi ada juga yang menolak. Ada kekuatiran jika tak disikapi dengan baik, maka PD akan semakin terpuruk dalam pemilu 2014. Meski korupsi pimpinan PD adalah factor dominan, kami menilai bahwa keterpurukan PD saat ini, sebetulnya tidak semata-mata disebabkan oleh factor tunggal korupsi, tapi juga disebabkan oleh hal-hal lain.

1. Secara internal, konflik pasca Munas PD di Bandung belum selesai. Akibatnya PD menjadi tidak solid sehingga konsolidasi public pun menjadi terganggu serta tak efektif.
2. PD tak satu suara dalam merespon persoalan yang muncul. Malah yang makin terlihat adalah perselisihan internal yang semakin terbuka dan kronis. Ini juga yang terlihat dalam merespon hasil survey SMRC.
3. Dalam pemilu 2014 PD kehilangan magnet politik sebab SBY tak akan maju lagi sebagai calon Presiden.
4. Menurunnya tingkat kepuasan rakyat terhadap kinerja pemerintahan SBY, berakibat langsung terhadap menurunnya citra PD.

Lalu apa yang harus dilakukan?
1. Pembenahan soliditas partai.
2. Perbaikan kinerja pemerintahan SBY agar lebih tegas dan peduli terhadap persoalan rakyat.
3. Ketegasan sikap PD terhadap pelaku korupsi.

Jeirry Sumampouw
(Koordinator)

Really no matter if someone

Really no matter if someone doesn't be aware of after that its up to other people that they will help, so
here it happens.

my web-site; garcinia cambogia seeds ([url=http://danceup.com.uy/2016/03/04/show-time/]Claudette[/url])

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.