Pemkot – Pemkab Harus Mantapkan Sektor Indag untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Wagub saat Rapat Koordinasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kota se SulutWagub saat Rapat Koordinasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kota se Sulut

Manado-Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil MPd menjelaskan, sektor Perindustrian dan Perdagangan (Indag) harus menjadi penggerak pertumbuhan dan daya saing ekonomi menuju Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifik.

"Pemerintah Kabupaten dan Kota melalui unit kerja perindang harus secara sinergis melakukan upaya pengembangan sektor industri dan perdagangan," ujar Wagub saat membuka Rapat Koordinasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota se Sulut di Hotel Gran Puri Manado Selasa (26/03) pagi.

Lebih lanjut menurut Wagub, dengan mengutip himbauan Presiden RI Dr Susilo Bambang Yudhoyono, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia harus lebih baik dari tahun ke tahun, pemerintah daerah mengambil peran yang penting dan strategis untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor perindustrian dan perdangangan.

"Dan rakor ini sangat penting dan bermanfaat untuk sharing pengembangan program kerja pemda di bidang perindag, sekaligus merupakan wahana sosialisasi peraturan yang berkaitan dengan perindag. Sehingga ke depan baik pemda kabupaten/kota maupun provinsi akan memiliki satu pemahaman dan persepsi dalam melangkah bersama, melalui penyusunan master plan dan action plan pengembangan perindag," pungkas Wagub Sulut.

Dalam kaitan itu, menurut Wagub kita berbangga jika terjadinya peningkatan pendapatan masyarakat, menurunnya angka pengangguran dan angka kemiskinan di Sulut saat ini, itu karena antara lain hasil dari pengelolaan bidang perindag yang semakin hari semakin baik.

Untuk itu Pemda Kab/Kota harus mendorong para pengusaha untuk mengembangkan industrinya, buka akses pemasaran hasil produksinya secara luas, dengan demikian sektor usaha akan semakin bergairah dan termotivasi untuk menciptakan keunggulan produknya baik secara komparatif maupun kompetitif.

Wagub mengingatkan bahwa Sulut sekarang adalah daerah MICE (meeting, incentive, convention dan exhibition), banyak turis yang akan selalu ke Sulawesi Utara, maka dimintakan semua Pemda Kabupaten/Kota untuk berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan produk-produk hasil industri, hasil kerajinan.

"Tunjukan ke tamu-tamu asing dan luar daerah yang datang ke Manado, ini hasil-hasil industri, tonjolkan keunggulan tiap daerah dengan identitas produk daerah masing-masing, misalnya kacang goyang di Kota Kotamobagu, pala manis di Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan lain-lain," lanjut Wagub.

Diakhir sambutannya Wagub menyampaikan terima kasih kepada peserta dari Kabupaten/Kota se Sulut atas partisipasi dan kontribusinya dalam rakor. “Mari tetap berkomitmen, inovasi dan kreasikan serta lakukan lompatan-lompatan yang signifikan di bidang perindag, jaga prestasi yg telah diperoleh, berikan gagasan, ide, pemikiran yang terbaik dalam rakor ini, mari berlomba secara sehat dalam membangun Sulut, bangun hubungan koordinasi yang baik antara pemprov dan pemda kab/kota,”katanya.

Wagub juga mengatakan, bagi Kab/Kota yang akan melaksanakan pilkada, agar PNS harus fokus kerja di bidang masing-masing, sukseskan pemilu kepala daerah, tapi jangan terlibat politik praktis.

Sementara, Kepala Dinas Perindag Provinsi Sulut, Sanny Parengkuan, menyatakan rakor ini dihadiri oleh Kadis perindag Kab/Kota Se Sulut, dengan pembawa materi kementerian perdagangan RI, Bappeda Sulut dan Disperindag Prov Sulut, rakor berlangsung 26 sampai dengan 27 Maret 2013.

“Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka menyelaraskan implementasi kebijakan, program dan kegiatan serta membangun komitmen bersama dalam pembinaan dan pengembangan industri dan perdagangan kabupaten kota di Sulut,”kata Parengkuan. (Tim/sulutonline).

An innocent party can be paid

An innocent party can be paid for days missed at operate
because of injuries connected to the auto accident.

Feel free to surf to my weblog boat accident lawyer, [url=http://www.vertrieb.co.at/index.php?a%5B%5D=%3Ca+href%3Dhttp%3A%2F%2Fwww.iamsport.org%2Fpg%2Fpages%2Fview%2F28449949%2F%3ECarWrecked%3C%2Fa%3E]Kandis[/url],

Thanks for ones marvelous

Thanks for ones marvelous posting! I truly enjoyed reading
it, you can be a great author. I will make certain to bookmark your blog and will come back later
on. I want to encourage that you continue your great
writing, have a nice holiday weekend!

Feel free to visit my website - garcinia cambogia vitamin shoppe reviews; Nora,

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options