Penipu Catut Nama Sekdaprov Sulut

Inilah Berkas Kasus penipuan bantuan dana percepatan pembangunan insfrastruktur desa (P2ID) 2013-2014 yg mengatasnamakan Sekda Provinsi SulutInilah Berkas Kasus penipuan bantuan dana percepatan pembangunan insfrastruktur desa (P2ID) 2013-2014 yg mengatasnamakan Sekda Provinsi Sulut

Manado- Pejabat pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se Sulut diimbau untuk mewaspadai kasus penipuan berkedok bantuan yang semakin marak saat ini. Apalagi membawa –bawa nama salah satu Departemen dan pejabat teras di Sulut.

“Kepada pemerintah desa dan kelurahan agar mengecek terlebih dahulu kebenaran dari permohonan bantuan yang mengatas-namakan kementrian atau dirjen apapun, serta pejabat teras di Sulut. Jika tidak jelas, segera laporkan,"tegas Kepala Bagian Tata Usaha Pemerintahan (TUP), Jemmy Ringkuangan AP, MSi, pada sejumlah wartawan, Selasa (26/03) .

Diketahui, modus penipuan kali ini mengatasnamakan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT), yang didalam surat yang bernomor 01/Per/KPDT/2013 tersebut, tercantum nama Sekertaris Provinsi (Sekprov) Sulut, Ir Siswa Rahmat Mokodongan, lengkap dengan nomor Handphone yang mengaku sebagai Sekprov Sulut.

Dijelaskan Ringkuangan, kasus penipuan ini, terjadi di Kelurahan Bitung Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan dan di Likupang Minahasa Utara. "Kasus penipuan yang berkedok bantuan untuk kelurahan ini, menimpa kelurahan Bitung Minsel. Dimana, bantuan yang tercantum dalam surat tersebut, sebesar 950 Juta," ujar Ringkuangan.

Diterangkan, setelah mendapatkan laporan dari lurah Bitung Minsel, dirinya langsung mengkonfirmasi hal tersebut kepada pihak Kementrian. Namun, dari jawaban pihak KPDT, sungguh mencengangkan yaitu surat tersebut tidak benar.

"Dari keterangan resmi pihak Kementrian, bahwa mereka tidak pernah mengeluarkan surat dan permohonan bantuan yang demikian," terangnya, mengutip pernyataan dari pihak KPDT.

Bahkan ungkap Ringkuangan, untuk memperlancar proses pencairan dana tersebut, pihak desa dan kelurahan, terutama Kelurahan Bitung ini, dimintakan dana untuk uang administrasi dan pengurusan dari pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut, pada kisaran 50 hingga 100 Juta Rupiah.

"Tuntutan yang mereka ajukan yaitu lurah harus menyetorkan uang kisaran 50 hingga 100 Juta, yang katanya untuk pengurusan administrasi," ungkap Ringkuangan.

Ringkuangan mengatakan, kemungkinan sudah ada Desa yang telah menindak lanjuti surat tersebut. “Berdasarkan nomor kontak yang tertera dalam surat mengatas namakan Sekprov Sulut Siswa Rahmat Mokodongan, itu adalah nomor yang tidak benar milik dari Sekprov. Saya telah mencoba melakukan kontak dengan nomor tersebut dan ternyata benar diangkat tetapi bukan SR Mokodongan,” terangnya.

Lanjut Ringkuangan mengatakan, penipuan ini sudah marak terjadi di berbagai daerah tetapi yang pasti bahwa program ini sama sekali tidak ada, apalagi mengatasnamakan Sekprov Sulut.

Selain itu, dalam surat yang berjudul surat Pengesahan tersebut, diketahui bahwa nama-nama yang tercantum dalam surat tersebut, ternyata memang benar semua. Namun, kuat dugaan bahwa nama-nama yang tertera dalam surat tersebut menggunakan teknologi komputer dengan alat scanner.

"Nama-nama yang bertanda tangan di surat tersebut, semuanya memang benar. Namun, itu besar kemungkinan dilakukan menggunakan teknologi komputer dengan alat scanner," katanya seraya menambahkan pihaknya akan menelusuri masalah ini. (Tim/sulutonline).

It's not my first time to

It's not my first time to visit this web site, i am visiting this web site dailly and take fastidious data
from here daily.

I like what you guys tend to

I like what you guys tend to be up too. This sort of clever
work and coverage! Keep up the amazing works guys I've added you guys to my own blogroll.

This information is

This information is priceless. Where can I find out more?

I enjoy what you guys are

I enjoy what you guys are usually up too. This kind of
clever work and coverage! Keep up the excellent works guys I've you guys to
our blogroll.

Very good write-up. I

Very good write-up. I certainly appreciate this site.
Keep writing!

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options