Lokasi Pameran Kayuwatu Diklaim Milik Keluarga Kamagi

Lokasi pameran Kayuwatu (Foto google)Lokasi pameran Kayuwatu (Foto google)

Manado-Pemprov Sulut kembali akan berhadapan dengan masalah tanah setelah kasus tanah Bumi Beringin. Kali ini, kawasan lokasi pameran Kayuwatu diklaim milik keluarga Kamagi.

Dalam keterangan resmi keluarga Kamagi yang diwakili Stenly Kamagi pada sejumlah wartawan, Senin (22/04) menyebutkan, bahwa tanah yang kini diduduki Pemprov Sulut untuk kawasan pameran di Kayuwatu tersebut, sebenarnya adalah milik mereka.

“Kawasan pameran itu, adalah milik dari keluarga kami,”terangnya saat mewakili 45 ahli waris yang turut didampingi pengacara mereka.

Dituturkannya, kepemilikan tanah dengan luas 47 Tetek 4 Waleleng atau sekitar 12.5 hektar tersebut adalah tanah Pasini dengan pemilik Dotu Daniel Kamagi yang notabene adalah kakek mereka.

Kepemilikan tersebut menurutnya, ditandai dengan register desa Kairagi tahun 1910. Juga surat pernyataan Hukum Tua Kairagi, G Sumueng tertanggal 04 Desember 1963.

Selain itu, surat keterangan Lurah Kairagi Satu tertanggal 09 Agustus 2012 oleh Lurah Winsy Kapoh dengan nomor surat 7171081008/08/VIII/2012 yang menyatakan bahwa tanah nomor 259 folio 64 status tanah Pasini adalah milik dari Daniel Kamagi.(Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options