SHS Libatkan Sondakh dan Sompie Bicarakan Pembebasan Jalan Tol Manado-Bitung

Gubernur saat memimpin rapat monitoring percepatan pembebasan jalan tol Manado-Minut-BitungGubernur saat memimpin rapat monitoring percepatan pembebasan jalan tol Manado-Minut-Bitung

Manado-Menyusul beragamnya permintaan warga terkait harga tanah yang bakal dilalui Tol Manado- Bitung, memaksa gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang, rapat bersama Walikota Bitung Drs Hanny Sondakh dan Bupati Minut Drs Sompie Singal.

Gubernur saat memimpin langsung rapat monitoring percepatan pembebasan jalan tol Manado-Minut-Bitung, Senin (13/05) di kantor gubernur, memastikan proyek tersebut mulai action pada Oktober 2013 ini.

Dalam rapat yang juga dihadiri Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil serta seluruh camat yang wilayahnya bakal dilalui Tol Manado-Bitung, terungkap pada prinsipnya masalah pembebasan lahan dimana berdasarkan laporan dari setiap Kepala Kecamatan, sudah tidak ada masalah lagi.

‘’Manfaat jalan tol dapat dinikmati banyak orang. Untuk itu saya menghimbau Kabupaten Kota yang akan berurusan dengan pembebasan lahan dapat lebih serius menanganinya. Berikan penjelasan sebaik mungkin jika didapati ada kendala soal pembebasan lahan,’’ ujar Sarundajang.

Lebih lanjut pemegang sertifikat Kursus Land Reform dan Tataguna Tanah ini menjelaskan, berdasarkan Undang-undang nomor 2 tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum khususnya pada Pasal 10 dikatakan bahwa tanah untuk kepentingan umum diantaranya digunakan untuk pembangunan pertahanan dan kemanan nasional, jalan umum, jalan tol, terowongan, jalur kereta api, dan sebagainya.

Dimana pengadaan tanah tersebut diselenggarakan melalui tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan penyerahan hasil. ‘’Berikan penjelasan secara baik kepada warga yang lahannya akan dilalui jalur jalan tol. Terkait soal nominal ganti rugi, Panitia ganti rugi tanah harus benar-benar paham aturan agar tidak ada pihak yang keberatan atau merasa tidak adil dengan pihak lain terkait penetapan NJOP,’’ tegas Sarundajang sembari mengingatkan semua pihak bahwa pembangunan jalan tol Manado-Minut-Bitung ini merupakan proyek nasional dimana multiplier effect dari pembangunannya akan besar manfaatnya untuk semua pihak.

“Jadi kalau selama ini ada image yang mengatakan bahwa proyek ini terkesan hanya proyek Pemprov adalah salah besar,”katanya.

Sesuai rencana pembangunan jalan tol sepanjang 39 km tersebut sudah dianggarkan sebesar Rp 4,5 triliun. Dimana khusus pembebasan lahan warga itu menjadi pekerjaan dari Pemerintah Kabupaten/Kota dengan dibantu oleh Pemerintah Provinsi.

Bahkan dalam UU nomor 2 tahun 2012 Pasal 11 ditekankan bahwa untuk pengadaan tanah bagi kepentingan umum wajib diselenggarakan oleh pemerintah dan tanahnya selanjutnya dimiliki Pemerintah atau pemerintah daerah. Atas dasar tersebut, Sarundajang sangat berharap agar pihak yang terkait pembebasan lahan harus paham betul dengan aturan aturan yang ada khususnya yang menyangkut rencana strategis, rencana tata ruang wilayah, dan rencana pembangunan nasional/daerah.

‘’Harus diingat bahwa kegiatan pengadaan tanah untuk kepentingan umum bertujuan menyediakan tanah bagi pelaksanaan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa, negara, dan masyarakat, tentunya dengan tetap menjamin kepentingan hukum pihak yang berhak. Perhatikan betul aturan yang ada dan juga sejarah tanahnya,’’ terang sosok yang pernah tampil gemilang membawakan materi pada seminar Tanah Perkotaan Dan Tata sertaLokakarya Tanah dan Perkotaan/Kapet ini.

Dalam pasal 19 UU nomor 2 tahun 2012 secara jelas dikatakan bahwa Panitia pembebasan lahan wajib melakukan konsultasi public dengan melibatkan pihak yang berhak dan masyarakat yang terkena dampak, dimana selanjutnya kesepakatan yang ada dituangkan dalam bentuk berita acara kesepakatan.

Atas dasar kesepakatan tersebut, pihak yang memerlukan tanah mengajukan permohonan penetapan lokasi kepada gubernur. Gubernur menetapkan lokasi sebagaimana dimaksud pada ayat 5 dalam waktu paling lama 14 (empat belas) hari kerja terhitung sejak diterimanya pengajuan permohonan penetapan oleh pihak yang memerlukan tanah. (Tim/sulutonline).

I believe this is one of the

I believe this is one of the such a lot significant info for me.
And i'm happy studying your article. However want to statement on some general
issues, The site style is perfect, the articles is truly nice : D.
Excellent process, cheers

Hi there this is kind of of

Hi there this is kind of of off topic but I was wanting to
know if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.

I'm starting a blog soon but have no coding expertise so I wanted
to get advice from someone with experience.

Any help would be greatly appreciated!

My blog post; garcinia cambogia miami (Sharyn)

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.