Wagub Kansil Ingatkan Incumbent Harus Cuti Saat Kampanye

Dr Djouhari KansilDr Djouhari Kansil

Manado- Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil, mengingatkan Incumbent yang ikut Pemilukada, harus minta ijin cuti dari gubernur. Pernyataan tegas ini dikatakannya menyusul sinyalemen adanya seorang incumbent yang tidak akan meminta ijin cuti kampanye.

“Ijin cuti memang sudah seharusnya begitu. Incumbent harus mentaati aturan yang berlaku. Apalagi seorang pemimpin yang harus memberikan contoh yang baik,”kata Wagub Kansil, usai acara silahtirahmi bersama wartawan di ruang WOC kantor gubernur, Selasa (14/05).

Lebih lanjut dikatakan Kansil, sesuai UU No. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah pasal 79 ayat (3) antara lain dinyatakan bahwa pejabat negara yang menjadi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam melaksanakan kampanye harus memenuhi ketentuan : menjalani cuti di luar tanggungan negara.

Juga ketentuan Pasal 61 ayat (4) Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, dinyatakan bahwa pejabat negara yang menjadi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, harus menjalani cuti.

“Dengan demikian, ketentuan undang-undang dan peraturan pemerintah tersebut harus dipatuhi, jika seorang gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota akan maju dalam pemilukada provinsi/kabupaten/kota,”terangnya.

Kansil menguraikan, pengertian kampanye bukan nanti melakukan orasi di tempat umum melainkan juga melakukan pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog, penyebaran bahan atau pemasangan alat peraga di tempat umum, apabila kedapatan melakukan hal-hal itu tanpa meminta izin cuti kampanye terlebih dahulu, itu merupakan pelanggaran terhadap ketentuan UU No 32 tahun 2004 dan PP No 6 tahun 2005, dan aturan terkait lainnya.

"Karena itu, semua incumbent yang akan terjun dalam Pemilukada di daerahnya, wajib menaati peraturan dan perundang-undangan yang berlaku sehingga tidak akan merugikan dirinya sendiri,"ingatnya. (Tim/sulutonline).

Thanks for finally writing

Thanks for finally writing about >Wagub Kansil Ingatkan Incumbent Harus Cuti Saat Kampanye
| Sulut Online

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.