Hasil Pemantauan Lingkungan Teluk Buyat Memenuhi Standart

Tim Panel Ilmiah Independent saat mempresentasikan hasil temuan Teluk BuyatTim Panel Ilmiah Independent saat mempresentasikan hasil temuan Teluk Buyat

Manado- Temuan Panel Ilmiah Independent (PII) atas pemantauan lingkungan Teluk Buyat, yang dipresentasikan ke publik, Sabtu (18/05) di hotel Quality Manado, menyebutkan, sampai tahun 2012 menunjukan parameter kualitas lingkungan di wilayah tersebut memenuhi standart yang berlaku secara nasional dan internasional.

Pemaparan tim PII yang terdiri dari Prof Dr Magdalena Irene Umboh DEA (Unima), Prof Dr Amin Soebandrio PhD (UI), Thomas Shepherd PhD (Shepherd Consulting Inc. Fart Collins Colorado), Prof Dr Ir FM Rumengan Msc (Unsrat), Ketih William Bentley Phd (Center of Environmental Health Pty Ltd) dan Prof Ir Muhktasor M Eng PhD (Institut Teknologi 10 November) tersebut turut dihadiri Menristek Prof Dr Ir Gusti Muhammad Hatta, Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan, serta instansi terkait.

Secara umum, tim PII menyebutkan, hasil pemantauan lingkungan sampai tahun 2012 di wilayah Teluk Buyat, terpantau kadar Arsen dan Merkuri pada ikan dari Teluk Buyat dan lokasi acuan tidak menunjukan resiko bagi kesehatan manusia.

Sementara Menristek dalam sambutannya memberikan apresiasi baik pada tim PII bersama PT Newmont Minahasa Raya yang konsisten dalam melaksanakan pemantauan lingkungan Teluk Buyat.

“Saya mengapresisi baik kerja dari tim ini, kualitas Teluk Buyat berada di bawah baku mutu yang berlaku, kualitas terumbu karang dan makrobenthos meningkat dibanding tahun sebelumnya, saya harap program pemantauan Teluk Buyat ini bisa berjalan terus hingga tahun 2015 untuk mengkaji kestabilan tailing dan memantau kualitas lingkungan,”kata Menristek.

Senada dengan itu, Mokodongan menyebutkan, lingkungan di Teluk Buyat semakin membaik. Dan Pemprov sendiri akan terus menjaga keadaan lingkungan yang lebih baik. Pemprov Sulut juga melakukan pengembangan penelitian dan mengembangkan system jejaring inovasi daerah.

“Pemprov konsisten dalam mengawal implementasi perjanjian niat baik dengan PT Newmont Minahasa Raya terkait pemantauan kondisi lingkungan area pembuangan tambang disekitar Teluk Buyat, saat ini perkembangan lingkungan semakin membaik di dukung komitmen Newmont yang mau memastikan Teluk Buyat aman dan tidak tercemar,”katanya.(Baca berita terkait : Hasil Teluk Buyat Akan Dipresentasikan ke Publik, red)-(Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options