Sekdaprov Mokodongan Duduki Pangkat Tertinggi Birokrat

Sekdaprov Sulut Ir Siswa Rachmat MokodonganSekdaprov Sulut Ir Siswa Rachmat Mokodongan

Manado- Terhitung sejak 1 April 2013 ini, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Utara Ir Siswa Rachmat Mokodongan, menduduki pangkat golongan Pembina Utama IVE. Pangkat ini merupakan yang tertinggi dari jenjang pangkat karir seorang Pegawai Negeri Sipil.

Berdasarkan data dari pihak Kementerian Dalam Negeri RI, Mokodongan merupakan PNS termuda se Indonesia yang berhasil menduduki pangkat tersebut. ‘’Selamat dan sukses buat bapak Sekdaprov. Kenaikan pangkat tersebut TMT sejak 1 April tetapi nanti akan diserahkan SK pada 17 Juni ini oleh Bapak Gubernur Sarundajang,’’ ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Mecky M Onibala yang didampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dr Noudy Tendean, Jumat (25/05) lalu.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil, serta Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 12 Tahun 2002 tanggal 17 Juni 2002 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002, pangkat dalam jenjang karir PNS merupakan kedudukan yang menunjukkan tingkatan seorang PNS berdasarkan jabatannya dalam rangkaian susunan kepegawaian dan digunakan sebagai dasar penggajian.

Kenaikan pangkat adalah penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian PNS terhadap Negara, serta sebagai dorongan kepada PNS untuk lebih meningkatkan prestasi kerja dan pengabdiannya. Agar kenaikan pangkat dapat dirasakan sebagai penghargaan, maka kenaikan pangkat harus diberikan tepat pada waktunya dan tepat kepada orangnya.

‘’Pangkat yang diterima pak Mokodongan saat ini merupakan bukti nyata pengabdian beliau terhadap dunia birokrasi. Dengan pengalaman yang sudah sangat banyak dalam berbagai jabatan yang dipercayakan, adalah tepat jika beliau menduduki pangkat pada usia yang terbilang muda,’’ terang Onibala lagi.

Sejak memulai karir sebagai PNS, Putra terbaik Totabuan ini banyak menghasilkan prestasi kerja luar biasa. Maka tidaklah mengherankan, dengan prestasi kerja yang sangat menonjol yang secara nyata diakui dalam lingkungan kerjanya, oleh Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang, Mokodongan dipercayakan sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulut. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options