Hubert: Data UNESCO Sudah 600 Jurnalis Tewas Saat Bertugas

Foto Alm Ryo, wartawan Harian Metro Manado yang tewas ditikam oleh JFKFoto Alm Ryo, wartawan Harian Metro Manado yang tewas ditikam oleh JFK

Manado-Memprihatinkan! Data kekerasan terhadap jurnalis yang terjadi di dunia selang 10 tahun terakhir ini mencapai angka 600-an orang jurnalis yang tewas saat menjalankan tugas.

“Dalam kurun waktu 10 tahun, sekitar 600 orang jurnalis tewas dengan berbagai latar belakang penyebabnya. Untuk tahun 2012 saja sebanyak 121 kasus. Sayangnya, hanya sedikit yang bisa diselesaikan,”sesal salah satu peserta, 10th Asia Media Summit (AMS), Prof Hubert Gijzen dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). Rabu (29/05).

UNESCO adalah Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB, dan merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada 1945.

Tujuan organisasi ini adalah, mendukung perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antar negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan hukum, HAM, dan kebebasan hakiki.

Hubert menegaskan, UNESCO tetap berupaya untuk mengangkat bendera kemerdekaan untuk keselamatan jurnalis. “UNESCO tetap komit dengan tujuan utamanya, yakni, melawan kekerasan dengan mengangkat bendera kebebasan dan keselamatan para jurnalis,”tegasnya. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.