SBY Tugaskan SHS Sebagai Utusan Khusus di American Samoa

Sarundajang dan SBYSarundajang dan SBY

New York- Setelah sukses mengemban tugas dari Presiden RI Dr Susilo Bambang Yudhoyono, kembali, Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang, mendapat tugas khusus untuk mengemban misi atas nama negara yang merupakan tugas diplomasi publik.

Sarundajang diberikan amanat untuk membangun kerjasama dan hubungan strategis dengan pemerintah teritori American Samoa, melalui pendekatan di bidang ekonomi, sosial dan budaya.

“Sebetulnya kami diminta oleh Presiden SBY untuk mendampingi beliau dalam rangka tugas kenegaraan ke dua negara yakni Swedia dan Amerika Serikat, namun karena harus membuka acara Asian Media Summit di Manado, maka baru bisa bergabung di New York Amerika Serikat,” ujar Sarundajang saat berada di New York, Amerika Serikat, Kamis (30/05).

Di sela-sela acara penting Presiden SBY di New York, Sarundajang melakukan pertemuan khusus dengan Presiden dan mendapat arahan serta pesan terkait tugas diplomasi publik di American Samoa.”Ya, sudah ketemu dan beliau memberikan penekanan terhadap beberapa langkah strategis dan penting untuk tugas ke American Samoa. Sulut diberikan kepercayaan membuka hubungan mutual benefit dengan daerah tersebut,” kata Sarundajang.

Penugasan Sarundajang sebagai special envoy tersebut juga telah diperkuat dengan sejumlah langkah kerjasama konkret yang didukung oleh Dubes RI di Amerika, Dino Patti Djalal.”Presiden meminta agar berkoordinasi dengan pihak kedutaan besar RI di Washington DC. Pak Duta Besar kebetulan ikut mendampingi dan kami sudah membahas detail plan-nya antara lain The establishment of Province-Territory Partnership and cooperation,” tandas Sarundajang lagi.

Sulut sendiri sebelumnya sudah mengirimkan tim ke American Samoa untuk menjajaki sejumlah peluang kerjasama di bidang budaya dan ekonomi, serta rencana sister province/territory dengan wilayah yang terletak di Asia Pasifik tersebut. “Kita sudah mengutus tim sebelumnya dan telah mendapat respon positif oleh Pemerintah American Samoa. Hal tersebut sudah saya laporkan langsung kepada Presiden,” tukas Sarundajang lagi sebagaimana dikutip melalui staf khusus gubernur bidang komunikasi public, Michael F Umbas.

Dubes RI di Amerika Serikat Dinno Patti Djalal mengaku langkah presiden memilih Sarundajang untuk menjalan misi ke American Samoa sudah tepat karena Gubernur Sulut tersebut dinilai mempunyai kemampuan diplomasi public dan memiliki pengalaman yang mumpuni.”Saya optimis dan mendukung penuh mengingat kemampuan dan kapasitas Pak Sarundajang. Langkah diplomasi publik Indonesia di kawasan Pasifik memang sedang ditingkatkan dalam rangka memperkuat posisi Indonesia dalam diplomasi internasional,” ujar Dino Patti Djalal.

Sesuai rencana, dari New York, Amerika Serikat, rombongan Gubernur akan yang didampingi pihak KBRI Washington DC langsung bertolak menuju Pago-Pago, ibukota American Samoa untuk melakukan rangkaian pertemuan dengan pemerintah setempat. Gubernur menyertakan delegasinya yakni Asisten II Ir Roy Roring MSi, Kepala Bappeda, Dr Noldy Tuerah, Kepala Dinas ESDM Ir Boy Tamon serta Staf khusus Michael F. Umbas dan Freddy Lengkong (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.