Sudah 27 Balita Sulut Terjangkit HIV/AIDS

foto utk berita sudah 27 balita terjangki hivaids jpgKomisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Sulut.

Manado-Mengejutkan ! data yang dibeber Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Sulut. Betapa tidak, selang bulan Desember 2009 lalu, sudah 27 Balita terjangkiti virus HIV/AIDS. Namun angka ini kemungkinan akan bertambah menyusul fenomena “gunung es” dalam kasus ini sangat kuat.

Bahkan menurut Dr Tangel-Kairupan Sekertaris KPAD Sulut, Kamis (08/04) dalam keterangan resmi saat “Pelatihan Hak Perempuan” bersama Sunarsih Koordinator Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI) dan Dr Sutjipto Tim Asistensi KPAD, menyebutkan, sampai bulan Februari 2010 pengidap HIV/AIDS di Sulut sudah mencapai 616 orang, dengan rincian 4% perempuan, 60% lelaki.

Karenanya kata Tangel, tujuan dari pelatihan yang berlangsung sejak tanggal 5 sampai 8 April di Manado tersebut untuk menghambat penularan virus ini di Sulut. “Termasuk penanganan terhadap Balita pengidap HIV/AIDS,”katanya.

Sutjipto menambahkan, berbagai upaya pemerintah telah di lakukan seperti; melalui program PMTCT. Dimana program ini untuk pencegahan penularan dari Ibu ke Anak.

“Sebaiknya perempuan pengidap jangan hamil. Sebab kemungkinan 30% akan tertular pada bayi. Namun kalaupun hamil, dianjurkan agar si jabang bayi jangan di beri ASI melainkan minum Anti Rettrovira (ARV),”teraang Sutjipto. (Baca berita terkait: Perempuan Pengidap HIV/AIDS Pingin Punya Anak, red)- (BR/sulutonline)

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options