BPK Dituding Tidak Terbuka Dalam Pemeriksaan Keuangan

Kantor perwakilan BPK RI Sulawesi UtaraKantor perwakilan BPK RI Sulawesi Utara

Terkait Pemberian opini WTP untuk Pemprov
Manado-Pemberian predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2012, memunculkan berbagai tanggapan.

Kendati turut mengacungkan jempol atas kinerja jajaran Pemprov Sulut atas hasil tersebut, namun menurut Taufik Tumbelaka, bahwa BPK belum sepenuh hati dan tidak transparan dalam memberikan hasil pemeriksaan secara utuh.

Apalagi kata Tumbelaka, dalam catatan BPK pada hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Pemerintah provinsi Sulawesi Utara tahun anggaran 2012, secara keseluruhan mengungkapkan 53 temuan pemeriksaan dengan 26 temuan yang merupakan kelemahan dalam sistim pengendalian intern dan 27 temuan terkait kepatuhan peraturan perundang-undangan.

“Seharusnya BPK juga mengumumkan secara keseluruhan termasuk berapa nominal temuan yang diperiksa,”ketusnya seraya menambahkan, keterbukaan itu juga sejalan dengan semangat dan filosofi informasi publik yang telah ada undang-undangnya.

Menurut Tumbelaka, penjelasan BPK atas LHP dengan semua temuan-temuannya terkesan ditutup-tutupi dan ini pun terjadi ketika publik ingin mengaksesnya, terkesan dipersulit.“Kalaupun memang datanya belum siap, jangan buru-buru diserahkan, agar tak menjadi tanda tanya di masyarakat,”sesalnya.

Dalam kesempatan terpisah, Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang usai paripurna penyerahan LHP BPK di gedung Dewan Sulut pada, Selasa (02/07) lalu, bahkan sempat menyakinkan masyarakat bahwa laporan ini setelah diserahkan ke pemerintah maupun Dewan Sulut, bisa diakses semua orang.“Ini terbuka dan bisa diakses semua orang,” kata Sarundajang.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas, BPK Sulut, I Made Dharma Sugama Putra saat ditemui di Kantor BPK menjelaskan bahwa untuk memperoleh dan mengakses data BPK memang harus terlebih dahulu menyampaikan surat permohonan.“Prosedur kita di BPK memang begitu,” sergahnya. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.