Wagub: Bidang Kesehatan Menjadi Prioritas

Wagub Kansil saat berbicara dalam Munas Himpinan Perawat Endoskopy Gastrointestinal  Indonesia (HIPEGI)Wagub Kansil saat berbicara dalam Munas Himpinan Perawat Endoskopy Gastrointestinal Indonesia (HIPEGI)

Manado-Tenaga Kesehatan Perawat yang tergabung dalam wadah Himpinan Perawat Endoskopy Gastrointestinal Indonesia (HIPEGI) menggelar Munas ke-2 di Manado, kegiatan yang dibuka Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd tersebut berlangsung di Hotel Lion Manado, Kamis (22/08), dan diikuti 200 perawat se-Indonesia.

Wagub mengatakan, Pemprov Sulut terus menjadikan bidang kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan Sulut, karena sampai saat ini terus dipacu untuk menurunkan kematian ibu melahirkan dan bayi.

“Salah satu upaya yang dilakukan yaitu hadirnya Posyandu cerdas, dan ini baru ada di Sulut. Artinya Posyandu digabung dengan PAUD, sehingg anak-anak sambil bermain kesehatannya diperiksa termasuk orang tua,”terang Wagub.

Nah ini katanya, sekaligus menjawab permasalahan kesehatan yang kita dihadapi dewasa ini, menuntut upaya pemecahan tidak sekedar hanya dalam skala lokal atau nasional saja, melainkan sudah dituntut upaya pemecahan dalam skala global. Hal ini menuntut tenaga kesehatan untuk beradaptasi dengan perkembangan permasalahan yang ada, dan bahkan terus berupaya mengantisipasi kemungkinan timbulnya permasalahan baru di masa yang akan datang, termasuk didalamnya tenaga kesehatan perawat yang tergabung dalam HIPEGI.

Kansil menilai Munas ini, memiliki manfaat yang sangat besar bagi pembangunan kesehatan, terutama dalam bidang Endoskopy Gastrointestinal, sekaligus sedikitnya bisa menjawab permasalahan kesehatan yang ada.

“Karena ilmu kedokteran dan tehnologi kedokteran saat ini berkembang sangat pesat sehingga telah menghasilkan prosedur diagnostik yang cepat dan tepat,”kata Wagub sembari menyebutkan, Endoskopy sebagai salah satu teknik pelayanan canggih telah menjadi sarana penunjang diaknostik yang cukup handal.

Karena itu suami tercinta dari Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Cabang Manado Ibu Mieke Kansil Tatengkeng berbangga karena, HIPEGI telah berhasil membuat konsensus bersama sebagai syarat untuk pemakaian, pelatihan petugas, ekspertise serta penerapannya dalam penanganan penderita yang secara berkala selalu dapat diperaharui sesuai dengan kemajuan ilmu.

Turut hadir Ketua Umum HIPEGI Aam Sumadi Skep, Ketua Bidang Organisasi Profesi PPNI Pusat Wawan Arif Sawana serta Ketua PPNI Sulut Arthur Lapian, Skep Mkes. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.