80 Persen Temuan Inspektorat Belum Ditindaklajuti 45 SKPD Pemprov

Wagub Djouhari Kansil, bersama Sekdaprov Ir SR Mokodongan dan Inspektur Drs Mecky Onibala saat memimpin rapat evaluasiWagub Djouhari Kansil, bersama Sekdaprov Ir SR Mokodongan dan Inspektur Drs Mecky Onibala saat memimpin rapat evaluasi

Manado-Ini warning bagi 45 SKPD Pemprov Sulut. Menyusul, 80 persen temuan pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat, belum ditindaklanjuti.

Demikian, terungkap dalam pemaparan Tim Pemeriksa Inspektorat, pada rapat tindak lanjut temuan Inspektorat yang dipimpin Wagub Dr Djouhari Kansil MPd bersama Sekprov Ir Siswa R Mokodongan di rupat Wagub, Jumat (30/08).

“Temuan tersebut diantaranya, terjadi kesalahan dalam pengelolaan keuangan daerah, pengadaan barang dan jasa maupun pengangkatan pejabat yang tidak sesuai dengan aturan kepegawaian. Dan ini terjadi ber ulang-ulang,”sesal Wagub.

Karenanya, Wagub Kansil menegaskan agar para Kepala SKPD untuk mengundang Inspektorat dan BPK BMD atau BPK untuk pelatihan peningkatan pengetahuan dibidang pengelolaan keuangan daerah maupun pengadaan barang dan jasa.

Sementara terkait temuan banyak PNS yang tidak masuk kantor, sangat disesali Sekdaprov Mokodongan. Untuk itu, Mokodongan mendesak agar para kepala SKPD yang bersangkutan memberikan pembinaan secara berjenjang agar pegawai yang malas tersebut bisa menyadari kelakukannya, termasuk pengangkatan seorang pejabat yang melanggar aturan serta pejabat yang belum mengikuti diklat PIM untuk segera mengikutinya.

“Saya sedih dan menyesal selaku Ketua Baperjakat, karena merasa kecolongan, dengan masalah kepegawaian ini. Karena temuan yang berulang-ulang ini sangat memalukan”, ingatnya.

Mokodongan juga mengingatkan, agar pajak yang ada segera di setor jangan ditahan-tahan. SKPD juga harus memiliki kartu inventaris barang yang digantung di setiap bagian atau bidang, termasuk PPK dan PPTK yang tidak memiliki pengetahuan dalam pengelolaan keuangan daerah dan pengadaan barang dan jasa supaya segera diganti dengan pegawai yang lebih paham.

Inspektur Provinsi Drs Mecky M Onibala MSi menambahkan, hasil temuan ini sudah dibuatkan LHP untuk dilaporkan kepada Gubernur.(Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.