BPK Imbau Non Cash Transaction Dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Ketua BPK Hadi PoernomoKetua BPK Hadi Poernomo

Manado-Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Drs Hadi Poernomo, menghimbau agar seluruh jajaran pemerintah Provinis Sulut, untuk tidak menggunakan uang tunai dalam melakukan transaksi (Non Cash Transaction) pengadaan barang dan jasa.

Imbauan ini dikatakannya pada sejumlah wartawan usai menemui gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Kamis (26/09), di kantor gubernur. Menurut Poernomo, pencegahan menggunakan uang tunai untuk melakukan transaksi ini, dalam rangka peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan Negara, daerah serta upaya pencegahan terjadinya korupsi.

Hal tersebut didasarkan pada adanya fakta bahwa salah satu kasus yang sering terjadi adalah di bidang pengadaan barang dan jasa.”Karenanya mulai sekarang, pembayaran pengadaan barang dan jasa harus melalui rekening, dan tidak boleh lagi dengan uang tunai,”tegasnya.

Sebab menurut Poernomo, dalam amatan BPK, khususnya pada pengadaan barang dan jasa pemerintah, termasuk kasus yang terjadi pada Bank Century dan Hambalang, permasalahan yang terjadi timbul pada transaksi-transaksi yang dilakukan secara tunai.

Ketua BPK meyakini, dengan cara tidak menggunakan uang tunai tetapi melalui rekening bank, dalam pembayaran pengadaan barang dan jasa, maka pemerintah Provinsi Sulut dapat menekan peluang terjadinya korupsi.

Gubernur Sulut sendiri menurut Poernomo, merupakan gubernur ke 7 di seluruh Indonesia yang didatangi BPK terkait pembayaran melalui rekening bank dalam pengadaan barang dan jasa. “Salut pada gubernur Sulut, beliau langsung setuju soal non cash transaction. Saya berharap juga akan dilakukan seluruh kabupaten dan kota se Sulut,”ingatnya. (Tim/sulutonline).

Hi there, I check your blogs

Hi there, I check your blogs daily. Your writing style is awesome, keep up the good work!

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options