Kadis ESDM Sulut Tanggapi Polemik Pulau Bangka

Peta pulau BangkaPeta pulau Bangka

Tamon: Pertambangan dan Pariwisata Dibangun Bersamaan

Manado
-Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulut, Ir Boyke Tamon, akhirnya angkat bicara terkait polemik Pulau Bangka.

Saat bersua sejumlah wartawan di kantor gubernur, Selasa (08/10), Tamon menjelaskan, sebenarnya polemik yang terjadi (Pro-Kontra pertambangan di Pulau Bangka, red) terlalu dibesar-besarkan. Padahal kata dia, banyak manfaat bagi masyarakat jika adanya pabrikan disana.

Di pulau Bangka terangnya, memang ada Dua potensi yang sangat besar. Potensi pariwisata dan potensi mineral (pertambangan). Di ujung Selatan pulau terdapat potensi pariwisata, sedangkan pertambangan mulai dari tengah pulau sampai ke Utara.

“Nah, kedua potensi ini akan dikelola secara bersamaan dan saling menunjang satu sama lainnya,”terangnya.

Sektor pariwisata ungkapnya, dengan sendirinya akan berjalan seiiring masuknya pertambangan di pulau tersebut. Potensi pertambangan di Sulut sangat besar.

“Kekayaan alam adalah karunia Tuhan untuk dimanfaatkan. Jangan seperti anak ayam yang hidup di lumbung padi tapi kelaparan,”sindirnya menjawab wartawan.

Apalagi kata Tamon, operasional PT Mikgro Metal Perdana (MMP), sudah ada ijin. Termasuk, kajian lingkungan Amdal. Pengelolaan pabrik besi oleh PT MMP tersebut tegasnya, harus dilokasi tidak boleh bawa keluar.

“Dan terhitung mulai bulan Januari 2014, ada aturan yang menyebutkan, perusahaan tidak boleh mengelolanya diluar lokasi pertambangan. Makanya, harus dibangun pabrik di lokasi pertambangan. Dan itu wajib, jika tidak dibangun rekomendasi dari gubernur tidak keluar,”urainya.

Seiring dengan itu tambah Tamon, di Kabupaten Mitra juga akan masuk perusahaan pengelola Semen dengan investasi Rp 5 triliuan. “Nah, untuk memenuhi kebutuhan listrik pada pabrikan besi pulau Bangka Minut dan pabrik Semen di Mitra, makanya sedang dijajaki agar investor lainnya bisa juga masuk untuk memenuhi kebutuhan listrik,”jelasnya.

“Itu semua, nantinya akan memakai tenaga kerja lokal. Artinya masyarakat setempat akan mendapat pekerjaan. Inilah multyplay dan manfaat dengan hadirnya perusahaan berskala besar di Sulut,”urai Tamon panjang lebar. (Tim/sulutonline).

Awesome! Its really awesome

Awesome! Its really awesome piece of writing, I have got
much clear idea about from this article.

My homepage - garcinia cambogia dr oz ([url=http://www.monstergames.in.th/profile/wandashaffe]Wyatt[/url])

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.