Pemprov Sulut Rintis Kerjasama Dengan Prefecture Tottori Jepang

Tendean saat mengikuti Program Local Government Exchange and Cooperation Seminar 2013 di JepangTendean saat mengikuti Program Local Government Exchange and Cooperation Seminar 2013 di Jepang

Manado-Berbagai terobosan terus dilakukan Pemprov Sulut demi kemajuan daerah ini. Karenanya dalam Program Local Government Exchange and Cooperation Seminar 2013 di Jepang, Pemprov Sulut mengutus Kepala Biro Pemerntahan dan Humas Dr Noudy RP Tendean, untuk melakukan rintisan kerjasama dengan Prefecture Tottori Jepang. Prefecture dalam sistem pemerintahan Jepang, setingkat provinsi di Indonesia.

Dalam kesempatan pembahasan tentang international cooperation telah disampaikan usulan rintisan peluang kerjasama sister province antara Pemprov Sulut dengan Prefecture Tottori Jepang, khususnya dalam pengembangan local government, sector industry, dan pariwisata.

“Usulan ini, disambut baik oleh gubernur Prefecture Tottori Shinji Hirai, beserta jajarannya menyatakan, Jepang dan khususnya Pemerintah Local Tottori sangat menyambut baik setiap upaya pengembangan kerjasama dalam berbagai bidang dari daerah dalam lingkup internasional,”ungkap Tendean yang baru tiba dari Jepang tersebut.

Menurut Tendean, kegiatan yang berlangsung selama seminggu sejak tanggal 5 sampai tanggal 11 Oktober 2013 tersebut, diikuti oleh 6 negara ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Brunai Darrussalam, Singapura, Thailand, Kamboja, dan ditambah India.

Program ini merupakan kerjasama Kementerian Dalam Negeri dan Council of Local Authorities for International Relation (CLAIR) Jepang, dengan tujuan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pemerintahan local diberbagai Negara dan memberikan peluang untuk mengembangkan networking dengan pemerintah Jepang melalui program yang difasilitasi CLAIR dalam rangka pengembangan daerah di era global saat ini.

Tendean menambahkan, ada banyak pengalaman dan pembelajaran penting yang dapat diaplikasikan di daerah dari pelaksanaan kegiatan ini, dan peluang ini ke depan tentunya akan ditindaklajuti sesuai ketentuan yang berlaku dengan melibatkan sector dan dinas terkait.

“Sulut dengan segala potensi sumberdaya alam yang besar, tidak kalah dengan Jepang harus mampu mengambil manfaat dari peluang kerjasama ini untuk kemajuan daerah,”tegasnya.(Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options