Chip e-KTP Harus di Aktifkan di Kantor Camat

Manado- Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) melalui, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edwin Silangen SE MSi, Rabu (06/11), mengimbau, kepada masyarakat yang sudah menerima fisik e-KTP, tapi belum aktif, agar melakukan pengaktifan chip e-KTP di alamat Kantor Camat setempat melalui sidik jari.

Hal itu jelas Silangen, merupakan tindaklanjut Surat Mendagri No. 471.13/1826/SJ Tanggal 11 April 2013 perihal pemanfaatan e-KTP dengan menggunakan card reader, bahwa sesuai dengan amanat Pasal 63 ayat (3) UU No. 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan dan Perpres No. 26 tahun 2009 tentang penerapan KTP berbasis NIK secara nasional (e-KTP), sebagaimana telah diubah dengan Perpres No. 67 tahun 2011 dan Perpres No. 126 Tahun 2012.

“Hal ini penting diingatkan, agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya ketika ada urusan dengan instansi pemerintah, lembaga perbankan maupun swasta,”kata Silangen mengutip gubenur.

Menurutnya, pentingnya pengaktifan chidp e-ETP ini, karena banyak pemilik e-KTP tidak mengambil langsung di kantor camat, melainkan hanya melalui jasa aparat desa/kelurahan. “Sebab kelebihan mendasar e-KTP dilengkapi dengan chip yang memuat biodata, pas foto, tanda tangan dan sidik jari penduduk, sehingga tidak dimungkinkan untuk dipalsukan atau dapat digandakan, karena hanya bisa dibaca dengan card reader (alat pembaca chip), “jelas Silangen yang turut didampingi Karo Pemerintahan dan Humas DR.Noudy RP Tendean SIP MSi, Kabag Pemerintahan Drs. Lucky Taju MSi, Kasubag Adminduk dan Capil Nita Tarumingkeng SSTP dan Kasubag Penerangan dan Publikasi AY Rambing S.Sos.

Karena itu dimintakan intansi pemerintah, lembaga perbankan dan swasta yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, dimintakan dapat memfasilitasi penyediaan kelengkapan teknis yang diperlukan terkait dengan penerapan e-KTP termasuk kard reader sebagaimana diamantkan pasal 10 C ayat (1) dan (2) Perpres No. 67 Tahun 2011.

Tendean menambahkan, e-KTP tidak diperkenankan di foto copy, distapler dan perlakuan lainnya yang merusak fisik e-KTP, sebagai gantinya di catat NIK dan “nama lengkap””tandas mantan Direktur IPDN Regional Sulut. (Tim/sulutonline).

What's up to every body, it's

What's up to every body, it's my first visit of this web site; this
website contains awesome and truly fine stuff in favor of visitors.

Also visit my blog: garcinia cambogia other names, [url=https://awesomemacman.com/social/members/reginacorley3/activity/2603/]Samuel[/url],

毛量を減らしたいならこちら

毛量を減らしたいならこちら

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.