Melayani Dengan Hati: Dari Ondong ke Bumi Beringin

DR Djouhari KansilDR Djouhari Kansil

DK, Guru Yang Menjadi Wakil Gubernur

Djouhari Kansil tidak menyangka akan dipilih Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS) untuk berpasangan denganya saat Pemilukada Gubernur Sulawesi Utara pada tahun 2010 lalu. Bahkan, bermimpipun tidak berani, katanya usai pelantikannya sebagai Wakil Gubernur pilihan rakyat pada 3 tahun lalu. Pasangan fenomenal ini terpilih memimpin Sulawesi Utara hingga 2015 mendatang.

Perjalanan mendampingi SHS selama 3 tahun ini, bersama Sekdaprov Ir Siswa Rachmat Mokodongan atau lebih dikenal dengan sebutan Golden Triangle, telah menorehkan nuansa baru. Banyak harapan rakyat, dipundak mereka. Bahkan, sejumlah ivent penting berhasil digelar di daerah ini, dengan menghadirkan para pemimpin negara sahabat.

“Saya hanya ingin melayani masyarakat dengan tulus. Yakni, berbuatlah dengan Hati,”kata DK sebutan untuk Djouhari Kansil, merendah dalam setiap kesempatan.

Djouhari Kansil, lahir di Desa Pehe, kawasan tepi pantai Desa Ondong, Siau, 23 Desember 1958 dari pasangan Frederik Jacobus Kansil dan Maria Toli. Djouhari adalah putra bungsu dari Empat bersaudara yang semuanya laki-laki. DK bermukim di Kelurahan Kombos Barat, Kecamatan Singkil, Kota Manado, sebelum dipilih SH Sarundajang mendampinginya dalam Pemilukada 2010, dalam jabatan struktur personalia pemerintah daerah, memegang jabatan sebagai Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara. Saat ini, keluarga Kansil –Tatengkeng bermukim di kompleks gubernuran Bumi Beringin Manado.

Dari hasil perkawinannya dengan gadis Sangihe, Mike Tatengkeg, dikaruniai dua orang putera-puteri, masing-masing Ingrid M. Kansil dan Mario Y. Kansil. Belakangan, keluarga ini ketambahan anggota baru dengan menikahnya Mario dengan Irenne Tomuka (Menantu) yang membuahkan cucu Devon Kansil, serta Inggrid dengan Charles Samuel Taju (Menantu).

Peraih gelar doktor dengan predikat Cumlaude di Universitas Merdeka Malang tahun 2011 lalu ini, mengawali karir sebagai guru di SPG Don Bosco Tomohon (1984), Wakil kepala SPG Don Bosco Tomohon (1990-1991), hingga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulut (Mei 2007- Mei 2010).

Dalam karirnya, Djouhari Kansil tercatat pernah menerima penghargaan International Business Executive Award (IBEX) 9 November 2003, Satya Lencana Adtya Karya Mahatva Yodha; Prestasi dalam pengembangan Karang Taruna tingkat Provinsi Sulawesi Utara 29 November 2007, dan Satya Lencana Pengabdian “20 tahun”, serta Lencana Melati dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Tugas pelayanan, diawalinya pada tahun 1977-1978 di Jemaat Pehe, Siau, sebagai Guru Sekolah Minggu. Setelah pindah ke Manado, tahun 1978, di Jemaat Bethani, Singkil Sindulang. Pada waktu yang bersamaan juga Djouhari Kansil sekaligus terpilih sebagai anggota Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Manado Utara dengan tugas sebagai Sekretaris Wilayah. Jabatan sebagai Wakil Ketua BPMJ Pniel Tuna dijabat Djouhari Kansil selama tiga periode pelayanan; 1995-2010 (15 tahun). Terakhir, masa pelayanan 2010-2014, Djouhari Kansil terpilih sebagai Ketua Komisi Pelayanan Kategorial Pria Kaum Bapa (P/KB), sekaligus terpilih menjadi Penasehat Kompelka P/KB Sinode GMIM.

Di tengah kesibukannya selaku Wakil Gubernur, Djouhari Kansil berhasil membukukan dua karya, yakni Gerakan Sentuh Tanah, Sebuah Harapan Hadapi Krisis Pangan (Februari 2012) dan SITARO, Zamrud Khatulistiwa (Juli 2012).

Salah satu putra terbaik Nusa Utara yang selalu akrab dengan wartawan ini, dipilih sebagai Ketua Umum Panitia Pemekaran Provinsi Nusa Utara. Banyak harapan warga kepulauan terhadap pemekaran ini. “Pemekaran wilayah dari segi pertumbuhan ekonomi, untuk mempercepat pembangunan di wilayah perbatasan dan kepulauan. Dan ini merupakan jawaban atas kebutuhan politik strategis nasional,”ujarnya mantap. Selamat Ulang Tahun ke 55 tahun (23 Desember 2013). Dipundakmu, ribuan cita-cita dan harapan warga Kepulauan di gantungkan. Semoga…(Budi Harold Rarumangkay).

It is appropriate time to

It is appropriate time to make some plans for
the long run and it's time to be happy. I have learn this publish and
if I may I desire to suggest you some attention-grabbing things or
suggestions. Maybe you could write subsequent articles referring to this article.

I want to read even more issues approximately it!

PKMNsO ixocfacjxaeo,

PKMNsO ixocfacjxaeo, [url=http://cehdbnsblree.com/]cehdbnsblree[/url], [link=http://mwyxvnyrkvdg.com/]mwyxvnyrkvdg[/link], http://uvbzdxvkuxan.com/

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.