SHS Dinobatkan Sebagai Tokoh Nasional Otda

DR Sinyo Harry SarundajangDR Sinyo Harry Sarundajang

Surabaya-Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dinobatkan sebagai seorang tokoh nasional penguatan otonomi daerah. Penghargaan ini diberikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional 2014.

‘’Saya tentunya berterima kasih karena tidak menyangka mendapatkan perngharaan ini dari PWI Jawa Timur. Penghargaan ini tentunya memberikan motivasi bagi saya untuk lebih konsisten dalam menjalankan system pemerintahan di era otonomi daerah untuk kesejahteraan rakyat,’’ kata Sarundajang seusai menerima penghargaan tersebut di Hotel Sangrila Surabaya, Rabu (19/03/2014) malam.

Sarundajang menegaskan, yang dibutuhkan sekarang adalah beberapa pemikiran yang mengarah pada revisi undang-undang nomor 32 tahun 2004, bukan menggantinya. Sebab, kata Sarundajang, pemerintahan daerah adalah keseluruhan sub sitem pemerintahan Negara yang berfungsi jika sub-sub sistemnya terintegrasi atau saling mendukung dan tidak berlawanan.

Pasal 18 UUD 1945 dan undang-undang nomor 32 tahun 2004 mengisyaratkan penyelenggaraan pemerintahan dan system pemerintahan NKRI yang menganut konsep local state government dan local selfgovernment.

Local state government melahirkan wilayah pemerintah pusat di daerah yang direpresentasikan dengan keberadaan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah dan instansi vertical yang melaksanakan tugas-tugas pemerintahan berdasarkan asas dekosentrasi.

Sedangkan local self government melahirkan daerah otonom yang direpresentasikan kepala daerah (gubernur/bupati/ Wali kota) dan DPRD yang melaksanakan tugas pemerintahan berdasarkan asa desentralisasi.

‘’Dengan demikian Provinsi menjadi intermediate government. Provinsi menjadi penyambung dan penghubung kepentingan serta kewenangan yang bersifat nasional dan local,’’ ujar Sarundajang.

Sementara itu Ketua PWI Jawa Timur, Akhmad Munir mengatakan, PWI Jawa Timur memberikan penghargaan kepada Bapak Sinyo Harry Sarundajang dalam kategori tokoh penguatan otonomi daerah, setelah diputuskan dalam rapat pleno pengurus berdasarkan realitas empiris yang harus dihargai dan dijunjung tinggi.

Selain SHS penghargaan tersebut juga diberikan kepada Panglima TNI RI Jenderal Moeldoko, Dr Surono Kepala Geologi Kementerian ESDM dan Mayjen Tni Purn Syamsul Maa’rif, Kepala BNPB diberikan penghargaan sebagai Tokoh Nasional

Menurut Munir, pertimbangan penghargaan diberikan secara konsisten dan kontinyu Bapak Sarundajang telah memperjuangkan makna pentingnya otonomi daerah dan penguatannya di masa depan dalam system pemerintahan di Indonesia.

Pemikiran out of the box dan dan ide cemerlang yang mencakup aspek konten dan prosers implemenmtasi otomoni daerah layak memperoleh apresiasi tinggi.”Sarundajang juga secara konsisten dan mendorong terus menerus penyempurnaan konten regulasi dan implementasi system pemerintahan yang berbasis otonomi daerah,”katanya.(Tim/sulutonline).

These are really enormous

These are really enormous ideas in on the topic of blogging.

You have touched some good things here. Any way keep up wrinting.

My website garcinia cambogia weight loss - [url=http://www.cannabismingles.com/2016/03/20/more-info/?replytocom=128]Hyman[/url],

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.