Ketua AJI Manado Tanggapi Reaksi SHS Terkait Pemberitaan

Ketua AJI Manado Yoseph E Ikanubun (Foto dok)Ketua AJI Manado Yoseph E Ikanubun (Foto dok)

Manado-Ketua Aliansi Jurnalistik Independent (AJI) Manado, Yoseph E Ikanubun, akhirnya bersuara terkait sikap dan reaksi Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS), atas pemberitaan Harian Koran Manado tanggal 20 Maret lalu, dengan judul “SHS Paling Suka Umbar Janji” yang memicu kemarahan SHS.

Dalam press release yang diterima redaksi sulutonline, Selasa (25/03/2014) malam, Ikanubun mengatakan, Pertama; setelah membaca dan menganalisa pemberitaan Harian Koran Manado, saya menilai berita yang dimuat sudah memenuhi kaidah-kaidah jurnalistik sebagaimana diatur baik dalam UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, maupun dalam 11 pasal Kode Etik yang ditetapkan oleh Dewan Pers bersama 29 organisasi profesi jurnalis pada tahun 1996.

Kedua; selanjutnya jika pejabat yang bersangkutan merasa keberatan atas pemberitaan yang dibuat, SHS bisa memberikan hak jawab sebagaimana diatur dalam pasal 1 ayat 11 atau hak koreksi seperti diatur dalam pasal 13 UU Pers.

“Namun, dalam penilaian kami, Harian Koran Manado, sudah melakukan konfirmasi kepada Asisten 2 Setdaprov Sulut. Artinya, sudah memenuhi unsur perimbangan berita,”ingat Ikanubun.

Ketiga; segala bentuk intimidasi maupun kekerasan baik secara fisik maupun verbal terhadap kerja-kerja jurnalis bisa merupakan perbuatan melawan hukum, karena kerja jurnalis dilindungi oleh hukum.

Keempat; mengecam keras segala bentuk intimidasi maupun kekerasan baik secara fisik maupun verbal terhadap kerja jurnalis yang dilakukan oleh para pejabat. Karena dengan demikian, yang bersangkutan tidak menghormati keberadaan Pers yang bebas dan bertanggungjawab sebagai salah satu Pilar Demokrasi yang membangun Negara. (Baca berita terakit: Dikritik Lewat Media, SHS Marah !, red)- (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options