Temui Sarundajang, Dubes Afsel Jajaki Kerjasama Perikanan

Dubes AfSel  saat menemui Gubernur Sulut Duta besar (Dubes) Afrika Selatan DR. Noel N Lehoko saat menemui Gubernur Sulut DR. Sinyo Sarundajang

Manado-Pengelolaan tehnologi perikanan di Indonesia diakui lebih maju dibanding dengan Afrika selatan (Afsel). Karenanya pemerintah Afrika Selatan ingin melakukan kerjasama dengan Indonesia, lebih khusus dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Demikian Duta besar (Dubes) Afrika Selatan DR. Noel N Lehoko saat menemui Gubernur Sulut DR. Sinyo Sarundajang di ruang kerja Gubernur, Senin (28/02).

Dubes Noel Lehoko sendiri telah berada di daerah ini sejak Sabtu 26 Februari 2011 lalu. Dia mengatakan, Sulut memiliki banyak potensi yang bisa di garap. Namun pihaknya memilih selain ingin bekerja sama di bidang perikanan, juga di bidang pendidikan dan pariwisata. Lehoko mengakui tehnologi perikanan di Indonesia pengelolaannya sudah lebih maju dibanding dengan negaranya.

Karenanya maksud kedatangan kali ini di Sulut selain melakukan silahturahmi dengan Gubernur Sarundajang sekaligus dimanfaatkan untuk belajar menyangkut pengelolaan tehnologi perikanan yang ada di daerah ini. Noel mengakui, Provinsi Sulut termasuk salah satu daerah yang telah maju disektor perikanan. Dengan pengelolaan tehnologi yang ada saat ini sehingga daerah bumi Nyiur Melambai telah lama dikenal sebagai salah satu daerah pengekspor ikan keluar negeri.

“Termasuk masyarakatnya hebat karena bersahabat dan ramah,”katanya.

Sementara di bidang pendidikan Lehoko berharap agar mahasiswa Indonesia khususnya Sulut untuk lebih banyak belajar di Afsel.Dubes juga menjelaskan, Afsel pasca berakhirnya rasialisme, setelah dipimpin oleh Presiden Nelson Mandela telah banyak membawa kemajuan di bidang Hak Asasi manusia (HAM) termasuk perekonomiannya bertumbuh sangat pesat, bahkan pertumbuhan ekonominya melebihi dari negara-negara di benua Afrika lainnya.

Untuk itu Dubes mengajak agar Gubernur Sulut Sinyo Sarundajang kiranya bisa mengunjungi Afsel sebelum masa jabatannya berakhir. Gubernur Sarundajang merespons positif atas kunjungan Dubes Afsel di daerah ini. Bahkan dalam pertemuan tersebut Sarundajang menawarkan kepada Lehoko berbagai potensi Sulut yang cocok dengan permintaan Dubes untuk segera direalisasikan seperti sektor perikanan dan pariwisata.

Sarundajang juga memuji kepemimpinan Presiden Nelson Mandela karena selama memimpin negara tersebut Mandela yang dikenal sebagai salah satu tokoh anti apartheit berhasil membangun sektor pendidikan dan kesehatan.(BR/sulutonline).

EM1KCb esgsnxcqrhco,

EM1KCb esgsnxcqrhco, [url=http://ifzjvgvbkrph.com/]ifzjvgvbkrph[/url], [link=http://aoizoupmmobh.com/]aoizoupmmobh[/link], http://azxoceunmuaz.com/

Pretty nice post. I simply

Pretty nice post. I simply stumbled upon your blog and wished to say that I've
truly enjoyed browsing your weblog posts. After all I will be subscribing to your feed and I
am hoping you write once more soon!

my web blog; diet charts suppresses

It's going to be end of mine

It's going to be end of mine day, however before end I am reading this impressive paragraph to improve my
knowledge.

my homepage: garcinia cambogia zen cleanse; Margarito,

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options