“Tokoh Agama Berperan Dalam Pelaksanaan Dukcapil”

Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan saat berbicara dalan acara penyelenggaraan DukcapilSekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan saat berbicara dalan acara penyelenggaraan Dukcapil

Manado-Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan mengatakan, peran para tokoh agama dalam penyelenggaraan kebijakan bidang Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sangat membantu keberhasilan tugas pemerintah.

Demikian dikatakannya, saat membuka acara temu teknis penyelenggaraan kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten dan kota yang digelar Biro Pemerintahan dan Humas di Swiss-belhotel Maleosan Manado, Selasa (29/04/2014).

Dikatakannya, tugas Dukcapil tidak hanya melakukan pencatatan masalah kelahiran, kematian, serta pencatatan perkawinan, akan tetapi lebih dari pada itu mampu mencermati setiap gejala yang terjadi di tengah-tengah rumah tangga, seperti KDRT atau masalah perceraian yang dianggap masih tinggi di daerah ini.

“Karena itu, peran dari tokoh-tokoh agama sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut,”ingat Mokodongan.

Karenanya Mokodongan berharap, pertemuan ini mampu merumuskan biaya nikah dan biaya cerai agar bisa sama di daerah ini, sehingga Sulut benar-benar menjadi terdepan sekaligus contoh bagi daerah lain untuk masalah tersebut.”Kalau biaya nikah di kasih murah tetapi untuk biaya cerai dikasih mahal agar orang tidak gampang bercerai, “sarannya.

Kasubag Dekon dan TP Boslar Sanger SE melaporkan, kegiatan yang akan berlangsung selama Dua hari itu, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan tangungjawab aparat pemerintah provinsi dalam membina aparat kabupaten kota dan aparat kabupaten kota kepada aparat kecamatan, kelurahan desa dan masyarakat dalam bidang Dukcapil.

Sementara itu Kabag Pemerintahan Biro Pemerintahan dan Humas Prov Sulut Drs Lucky Taju MSi, menyampaikan, peserta yang diundang dalam kegiatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kota, TP.PKK, Kabid Pencatatan Sipil Kabupaten Kota, serta Instansi vertikal di Provinsi Sulut.

Sedangkan nara sumber berasal dari Dirjen Adminduk Kementerian Dalam Negeri (Kasi Monev Dirjen Dukcapil Ibu Zulvimar, SH), Ketua TP.PKK Sulut Ibu Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edwin Silangen SE MS dan Karo Pemerintahan dan Humas DR. Noudy RP Tendean, SIP MSi. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.