Tumbelaka: Seharusnya SHS Bersikap Netral

Taufik TumbelakaTaufik Tumbelaka

Manado-Pengamat politik dan pemerintahan,Taufik Tumbelaka, mengatakan, soal keputusan Gubernur DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) untuk memilih pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jussuf Kalla sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dalam Pilpres 9 Juli mendatang, merupakan keputusan berani.

“Seharusnya SHS bisa bersikap netral. Sebab ada 3 orang anaknya merupakan kader PDIP. Disisi lain, anaknya yang satu berada di pihak Prabowo Subianto,”ingatnya pada wartawan Jumat (30/05/2014) sore, setelah mengetahui SHS menuntukan pilihannya pada Jokowi.

Dalam amatannya, jika SHS memilih bersikap netral, maka akan lebih menguntungkan. Sebab, baik dipihak Jokowi maupun Prabowo, dia punya peluang untuk "terpakai".

“Tapi keputusan SHS tersebut, harus dihargai. Ini namanya political choice (Pilihan Politik), ada kalkulasi politik. Mungkin saja SHS ditawarkan jabatan karena dekat dengan ibu Megawati, atau lain hal,”tebaknya.

Soal keputusan SHS tersebut, jelas Tumbelaka, tentunya akan mempengaruhi para pejabat Pemprov Sulut.”Ini menjadi dilema bagi mereka, karena atasan sudah mendukung Jokowi, sementara tentunya mereka juga punya pilihan lain. Namun belajar dari pengalaman selama ini, kehebatan SHS dalam political choice jarang meleset,”tegasnya.

Sebelumnya, pada pagi hari SHS kepada wartawan membuat pernyataan mendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jussuf Kalla sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dalam Pilpres 9 Juli mendatang.(Baca berita terkait: Sarundajang Dukung Jokowi Menuju RI I, red)-(Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options