Pemprov Sulut Optimis Kembali Raih WTP

Inspektur Sulut Drs Mecky OnibalaInspektur Sulut Drs Mecky Onibala

BPK Konsen Periksa Keuangan Pemprov

Manado
-Kepala Inspektorat Sulut Drs Mecky Onibala, menegaskan Pemprov Sulut optimis kembali akan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulut.

Penegasan ini dikatakan, Rabu (11/06/2014) sore, menyusul hasil pemeriksaan internal yang dilakukan pihaknya di semua Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) Pemprov Sulut, untuk tahun anggaran 2013 tidak menemukan temuan yang merugikan Negara.

“Saya optimis Pemprov Sulut kembali akan meraih WTP,”tegasnya.

Dikatakannya, sistim pemeriksaan internal yang dilakukan pihaknya sudah mengadopsi sistim BPK untuk melakukan pengawasan pengelolaan keuangan. ” Nah, modul inilah yang kami terapkan di semua SKPD. Jadi saya optimis WTP kembali bisa diraih. Apalagi, kami sebagai pengawas internal juga sudah diperiksa BPK,”terangnya.

Terkait masih adanya persoalan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) oleh sebagian anggota dewan Sulut dan sejumlah pengusaha, kata Onibala, sementara diselesaikan. “Mereka sudah mulai membayar, jadi tidak ada masalah lagi. Termasuk penataan asset Mobil Dinas (Mobnas),”ujarnya.

Secara terpisah, Auditur BPK Perwakilan Sulut, Amri Lewa saat ditemui wartawan disela-sela pemeriksaan keuangan di kantor gubernur, membenarkan adanya pemeriksaan pengelolaan keuangan untuk tahun anggaran 2013 tersebut.

“Pemeriksaan akan dilakukan sampai tanggal 30 Juni 2014 mendatang. Kemudian BPK akan memproses data yang didapat selama 3 minggu, selanjutnya akan diberikan opini dalam pengelolaan keuangan,”katanya. (tim/sulutonline).