SHS Ingatkan Pemuda Remaja KGPM Miliki 3 Kecerdasan

SHS saat berbicara dalam perkemahan Pemuda Remaja KGPMSHS saat berbicara dalam perkemahan Pemuda Remaja KGPM

Tompaso-Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) membuka perkemahan Pemuda dan Remaja KGPM di Bumi Perkemahan Kayumacis Desa Liba Kecamatan Tompaso Minahasa yang ditandai dengan pemukulan Tetengkoren pada Selasa sore 24 Juni 2014.

Sebelumnya SHS didaulat panitia untuk memberikan ceramah yang berkaitan dengan tema yaitu “More Than Winner” serta Sub Tema “Pemuda Remaja KGPM terus membekali diri dan mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual agar diri, gereja dan bangsa lebih baik”.

Dengan lugas dan tanpa teks SHS menguraikan dan memberikan pemahaman tentang 3 Kecerdasan yakni, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spritual kepada sekitar 2000 peserta perkemahan yang datang dari 77 sidang KGPM baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah.

Pada bagian awal ceramahnya SHS mengulas tentang kecerdasan intelektual, dimana kecerdasan ini adalah merupakan kemampuan intelektual, analisa, logika dan rasio. Ia merupakan kecerdasan untuk menerima, menyimpan dan mengolah infomasi menjadi fakta.

Orang yang kecerdasan intelektualnya baik, baginya tidak ada informasi yang sulit, semuanya dapat disimpan dan diolah, pada waktu yang tepat dan pada saat dibutuhkan diolah dan diinformasikan kembali. Proses menerima , menyimpan, dan mengolah kembali informasi disebut "berfikir yang menjadi media untuk menambah perbendaharaan atau khazanah otak manusia. Ilmu pengetahuan yang tercipta sehingga manusia menjadi modern sampai dengan saat ini adalah bagian dari kecerdasan intelektual.

Selanjutnya SHS menjelaskan tentang kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual. Yaitu kemampuan seseorang untuk mengerti dan menerima makna pada apa yang dihadapi dalam kehidupan, sehingga seseorang akan memiliki fleksibilitas dalam menghadapi persoalan di masyarakat, ciri-ciri orang ini adalah sangat berempati dengan orang lain, menghargai orang lain, menganggap bahwa semua manusia ciptaan Tuhan adalah sama, suka membantu dan suka melindungi.

“Jika kita memiliki kecerdasan tersebut, maka kita akan selalu menjadi champion dalam hidup” tandas SHS.(tim/sulutonline).