Ruang Tahanan Mapolda Sulut Over Kapasitas

Tahanan Didominasi Kasus Narkoba

Manado-Ruang tahanan di Mapolda Sulut, saat ini sudah over atau melebihi kapasitas menampung jumlah tahanan. Pasalnya, hingga saat ini Kamis (26/06/2014), jumlah tahanan sudah mencapai 43 orang dari 7 ruangan tahanan di Mapolda Sulut.

Menariknya, dari keseluruhan jumlah tahanan tersebut, paling banyak mendominasi tahanan Direserse Narkoba (Ditnarkoba) dengan jumlah 26 orang.

Kemudian disusul tahanan Direserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) berjumlah 16 orang serta ditambah 1 orang tahanan Direserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus).

Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Jimmy Palmer Sinaga SH Mhum, ketika dikonfirmasi melalui Kabid Humas Polda Sulut, AKBP Wilson Damanik SH Mhum, membenarkan adanya over kapasitas jumlah tahanan tersebut.

“Memang saat ini jumlah tahanan di Mapolda Sulut sudah over kapasitas. Yang tadinya hanya bisa menampung 17 orang, saat ini ada 43 orang. Satu ruang tahanan hanya bisa dipakai 4 orang saja. Tapi saat ini sudah mencapai 7 orang,” akunya.

Bahkan lanjut Damanik, hal tersebut terungkap saat Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Jimmy Palmer Sinaga SH Mhum, melakukan pengecekan fasilitas sarana dan prasarana serta kebersihan di ruang-ruang Kantor Mapolda Sulut, Rabu (25/6) lalu.

Ditambahkanya, over kapasitas tersebut telah melebihi seratus persen. “Untuk itu, bapak Kapolda meminta agar kasus-kasus yang ditangani secepatnya diproses agar para tersangka segera dilimpahkan tahap Dua di kejaksaan,” ujarnya.

Masih kata Mantan Kabid Humas Polda Gorontalo ini, pihaknya akan mengusulkan penambahan ruang tahanan. “Kita sudah merencanakan penambahan ruang tahanan. Dan prosesnya itu, nanti akan diatur dalam Dipa tahun berikut,”terangnya.(tim/sulutonline).