Tingkatkan Kinerja SKPD Hadapi Tahun Emas Sulut

Wagub Kansil didampingi Edwin Silangen saat Sidak di Dinas Perkebunan SulutWagub Kansil didampingi Edwin Silangen saat Sidak di Dinas Perkebunan Sulut

Wagub Kansil Sidak 4 SKPD di Kalasey

Manado-Wakil Gubernur (Wagub) DR Djouhari Kansil, kembali melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) pada 4 SKPD yang berada di kawasan Kalasey pada Rabu (02/07/2014). Sidak ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja SKPD dalam rangka menghadapi tahun Emas Sulut ke 50.
Wagub Kansil yang saat itu didampingi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Edwin Silangen, SE, MS, ketika Sidak di Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Perkebunan dan Badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorluh) serta UPTD Dinas Pertanian dan Peternakan, mengecek kehadiran pegawai, program kerja serta tugas pokok dan fungsi dari masing-masing pegawai.

Dalam sidak itu, terdapat hal yang perlu mendapatkan perhatian yaitu kapasitas kantor di Dinas Perikanan dan Kelautan serta Bakorluh yang terlalu sempit dibandingkan dengan jumlah pegawai sehingga perlu penambahan gedung baru dan terdapat ruangan yang perlu di rehabilitasi. Wagub juga melakukan dialog dengan pegawai untuk mengetahui permasalahan-permasalahan dalam melakukan tugas pokok dan fungsi serta untuk mencari tahu sejauh mana penguasaan pegawai tersebut terhadap bidang tugasnya.

Menurut Wagub Kansil, sidak seperti ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja SKPD dalam rangka Tahun Emas HUT ke 50 Provinsi Sulawesi Utara, dengan peningkatan kinerja maka diharapkan hal tersebut berbanding lurus dengan penyerapan anggaran serta dalam rangka mengakhiri masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2015.

“Perlu di cek secara langsung target kinerja yang belum dicapai sesuai dengan perencanaan atau sesuai dengan yang tercantum dalam RPJMD, dan semua itu dapat dicapai apabila PNS di semua SKPD mempunyai disiplin dan etos kerja yang tinggi,”katanya.

Kansil menyatakan kekecewaannya kepada pegawai yang malas dan tidak hadir ketika sidak, tetapi juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada pegawai yang tetap menunjukkan disiplin yang tinggi sehingga patut menjadi contoh bagi pegawai yang lain.

Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Edwin Silangen, SE, MS sidak ini perlu dilakukan sebagai bagian dari kontrol atasan terhadap bawahan dan juga untuk melihat dari dekat aktifitas pegawai di kantor, jangan sampai terdapat pegawai yang tidak disiplin dan tidak dilaporkan oleh kepala SKPD, disamping itu penguasaan terhadap tupoksi juga perlu, jangan sampai pegawai itu tidak tahu apa pekerjaanya atau terdapat pegawai yang lebih suka mengerjakan pekerjaan orang lain. (tim/sulutonline).