Jadikan Pilpres Sebagai Pesta Demokrasi Bangsa

Golden Triangle Gubernur SHS, Wagub Djouhari Kansil dan Sekdaprov Sulut Ir SR MokodonganGolden Triangle Gubernur SHS, Wagub Djouhari Kansil dan Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan

Golden Triangle Ingatkan Gunakan Hak Pilih

Manado-Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS), kembali mengingatkan masyarakat Sulut, untuk menggunakan hak pilih dalam pemilihan Pemilihan Presiden RI tanggal 9 Juli 2014 mendatang.

Imbauan ini dikatakan SHS, karena pilihan masyarakat sangat menentukan arah kebijakan dalam pembangunan bangsa ke depan.”Semua pihak harus berperan aktif guna mewujudkan Pemilu yang sukses, dalam artian Pemilu yang jujur, tertib, lancar, aman dan damai, jadikan pilpres ini sebagai pesta demokrasi bangsa yang besar, pesta demokrasi yang menggembirakan tanpa kampanye hitam dan rasa permusuhan yang hanya akan memecah belah persatuan dan kesatuan.”kata SHS melalui juru bicara Pemprov Sulut, DR Jemmy Kumendong, Senin (07/07/2014).

SHS juga berharap agar masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dan berkualitas dalam artian mampu mencermati konsep, ide dan gagasan yang dibawa kandidat untuk memimpin Indonesia ke depan.

Dikatakan gubernur, menyaring arus informasi yang masuk, haruslah menjadi langkah awal menjadi pemilih cerdas. Pemilih yang cerdas harus selektif mencari sumber informasi dan pemberitaan terkait kelebihan dan kekurangan para capres. Pemilih juga harus bisa memilih sumber informasi yang objektif, terpercaya, dan independen.

Selain itu, pemilih harus menggali sebanyak mungkin ide, konsep, gagasan dan grand design yang dibawa oleh capres, mengingat hanya melalui ide dan gagasan itu lah kita dapat menggambarkan bagaimana calon presiden memimpin negara dan menjawab permasalahan-permasalahan yang ada.

Dan yang paling penting adalah presiden terpilih harus siap berkomitmen pada janji kampanyenya karena kontribusi yang paling penting bukanlah pada masa kampanye melainkan pada saat presiden memimpin nanti.

“Menjadi pemilih cerdas adalah kunci dari terpilihnya presiden dan wakil presiden yang berkualitas, siap memimpin negara indonesia menjadi negara yang unggul, dan siap menyelesaikan permasalahan bangsa serta menjawab tantangan global untuk masa depan.” pungkas Sarundajang.

Pada bagian lain Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir Siswa Rahmat Mokodongan menyampaikan bahwa segenap Pegawai Negeri Sipil di Sulawesi Utara Utara untuk berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya dan menjadi pemilih yang cerdas, namun karena PNS itu dibingkai oleh aturan.

PNS tegas Kansil maupun Mokodongan, harus menunjukkan sikap netralnya, agar pelaksanaan Pilpres dapat berjalan dengan aman bersih dan jujur. Disamping itu, kenetralan PNS akan berdampak pada berjalan baiknya pelayanan publik di setiap instansi tanpa membeda-bedakan yang dilayani dan tidak diskriminatif serta PNS harus mengedepankan kompetensi dan profesionalitasnya. (tim/sulutonline).