Wagub Kansil Terima Penghargaan Lancana Pembangunan dari Presiden

Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari KansilWakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil

Manado-Satu lagi penghargaan bakal diterima Pemprov Sulut, dalam hal ini Wakil Gubernur (Wagub) Sulut DR Djouhari Kansil, akan menerima penghargaan Satya Lancana Pembangunan Bidang Koperasi yang akan diserahkan Presiden RI Susilo Bambang Yodhoyono (SBY) bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Koperasi ke 67 di Medan Sumatera Utara.

Menurut juru bicara Pemprov Sulut DR Jemmy Kumendong, Senin (14/07/2014), nantinya penghargaan tersebut, akan diterima Wagub Kansil pada Selasa (15/07/2014).

Penghargaan ini diterima ungkapnya, setelah beberapa waktu lalu Tim Sekretaris Militer Presiden bersama dengan Tim Dari Kementerian Koperasi dan UMKM, untuk memverifikasi usulan Menteri Koperasi dan UMKM terhadap DR Djouhari Kansil.

Diterangkan Kumendong, penghargaan ini diberikan sehubungan dengan kontribusi terhadap pertumbuhan perkoperasian di provinsi Sulawesi Utara, melalui pembinaan terhadap Koperasi yang bergerak di bidang pengolahan hasil-hasil komoditi Kelapa dan turunannya, kopreasi yang berbasis Pohon Aren, koperasi yang berbasis hasil-hasil perkebunan dan perikanan yang banyak tumbuh disamping koperasi simpan pinjam.

Disamping itu bekerja sama dengan Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi melakukan pembinaan kepada koperasi-koperasi yang berbasis lembaga keagamaan, dimana usaha koperasi ini diberikan bantuan oleh perbankan dan sumber daya manusianya dilatih bagaimana berwirausaha oleh Bank Indonesia.

Diketahui pemberian penghargaan dari Presiden saat ini sangat selektif mengingat setiap calon harus ada catatan bersih dari KPK, Kepolisian, BIN maupun Kejaksaan, Hasil verifikasi Tim Setmil Presiden diajukan ke Dewan Penghargaan Presiden yang diketuai oleh Menko Polkam Joko Suyanto.

“Jika disetujui harus diajukan lagi kepada Bapak Presiden untuk disetujui atau pun ditolak,”jelasnya.

Sementara menurut Kadis Kopresi dan UMKM Sulut Drs Maurits Berhandus, pertimbangan diusulkannya DR Djohari Kansil karena peran dan kontribusinya yang sangat signifikan dalam mengembangkan perkoperasian di Sulawesi Utara sehingga mampu menyokong perekonomian dan memberikan kontribusi terhadap pengurangan angka pengangguran dan angka kemiskinan. (tim/sulutonline)