Sulut Raih Prestasi Pada 8th World Choir Games di Latvia

Tim dinas Pariwisata Sulut saat  8th World Choir Games di Kota Riga LatviaTim dinas Pariwisata Sulut saat 8th World Choir Games di Kota Riga Latvia

From Zero to Hero

Manado-Disbudpar Sulawesi Utara dalam NSPA (North Sulawesi Performing Art) mendulang prestasi pada hajatan akbar 8th World Choir Games di kota Riga, Latvia sebagai runner up setelah China.

“NSPA telah memberikan hasil memuaskan dalam kegiatan World Choir Games 2014. NSPA yang sama sekali tidak dikenal oleh siapapun di Indonesia bahkan di Sulawesi Utara, berhasil meraih medali Silver dalam kategori Scenic and Folklore. Ini ibarat from Zero to Hero,”terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jimmy Suprianda Ruru, Senin (14/07/2014).

Dalam kegiatan yang berlangsung tanggal 9-19 Juli 2014 ini diikuti lebih dari 14000 peserta dari seluruh dunia, menurut Ruru, awalnya NSPA diminta untuk menempuh kategori umum, namun setelah melihat rekaman latihan NSPA, panitia dari Interkultur memperkenankan mereka untuk langsung mengikuti championship.

Tim dari NSPA terdiri dari 33 orang yang merupakan kolaborasi antara pegawai Disbudpar Sulut dengan Manado State University Choir (UNIMA).

Jane A Lumi, staf bidang Destinasi Disbudpar Sulut yang menjadi official pendamping di Latvia, menginformasikan bahwa selesai mengikuti kegiatan kompetisi, NSPA mendapat kehormatan tampil pada Pembukaan World Choir Council hari Senin, 14 Juli 2014. “Agenda ini merupakan pertemuan perwakilan Interkultur dan Juri dari seluruh Negara,”ungkapnya.

Dalam acara ini, North Sulawesi Performing Art menampilkan kebudayaan Sulawesi Utara antara lain Sasambo, Lagu Allah Besar Agung Namanya karya Toni Mandak, Mazani, Batu Timbule, O Ina ni Keke, Si Patokaan dan tarian Cakalele.

Sementara, saat berada di Riga, pihak State University Choir (UNIMA) berkesempatan ikut secara mandiri dalam kategori Gospel Spiritual, Manado dan berhasil menggondol medali Emas. Sedangkan satu lagi peserta dari Sulawesi Utara yaitu Getsemani Sakobar Choir memperoleh medali Silver.

Lumi mengharapkan bahwa melalui penampilan kesenian dan kebudayaan dalam 8th World Choir Games dapat semakin meningkatkan citra Indonesia khususnya Sulawesi Utara di mata dunia.(tim/sulutonline).