Kemenparekraf Supprot Pelaksanaan TIFF Tomohon

Foto bersama saat launching TIFF di JakartaFoto bersama saat launching TIFF di Jakarta

Jakarta-Kepala Dinas Budpar Sulut Sulut Suprianda Ruru, mengatakan, pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2014 yang akan diselenggarakan pada 8-12 Agustus 2014 di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, sangat didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ruru sendiri saat mewakili Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dalam launching TIFF di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Kamis (17/07/2014) mendampingi Walikota Tomohon Jimmy F Eman, menyampaikan disamping kegiatan-kegiatan utama, akan diselenggarakan beberapa side-event, di antaranya Eksibisi Layang tingkat Nasional, Kompetisi Marching Band se Indonesia Timur, Festival Kuliner, Lomba Paduan Suara antar Pelsus dan Denominasi Gereja, Pameran Seni Rupa tingkat Nasional, Karnaval Budaya dan Pawai Pembangunan serta Pameran dan Lomba Fotografi.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi perhatian dunia nasional dan internasional, karena melibatkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Tomohon, serta dihadiri 11 (sebelas) Duta Besar yang terundang dalam Diplomatic Tour dalam rangka TIFF 2014, para pemerhati Kota Tomohon, serta stakeholder pariwisata ,”terangnya.

Diketahui, Event Tomohon International Flower Festival 2014 ini akan menyajikan keanekaragaman kekayaan Nusantara dan Propinsi Sulawesi Utara serta khususnya Kota Tomohon melalui slogan “Menyapa Dunia dengan Bunga” dapat menunjang industri pariwisata untuk menjadikan kota ini sebagai tempat pariwisata yang layak dikunjungi.

Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2014 yang akan diselenggarakan pada 8-12 Agustus 2014 di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, ini pertama kali diselenggarakan pada 2008. Dimana saat itu masih berskala nasional, penyelenggaraan kedua tahun 2010 meningkat bertaraf internasional, dan selanjutnya ditetapkan masuk calendar of event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain Kemenparekraf, Kementerian Pertanian, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Komunikasi dan Informasi juga mendukung kegiatan ini.

TIFF 2014 mengangkat tema “Colourful Tomohon”, optimisme kesuksesan acara ini dibekali dengan suksesnya penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival tahun sebelum dimana pesertanya selalu meningkat, diikuti oleh perwakilan negara-negara sahabat, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara, BUMN, BUMD, serta perusahaan swasta.

Even ini diselenggarakan dengan maksud mengembangkan strategi untuk memperkuat dan memperluas promosi pariwisata, baik berskala lokal, nasional maupun internasional.
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar resmi melaunching TIFF
“Penyelenggaraan TIFF 2014 selain untuk mempromosikan pariwisata Kota Tomohon yang memiliki ikon bunga sebagai daya tarik, juga memberikan dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat melalui kepariwisataan maupun ekonomi kreatif. Khususnya pengembangan kreativitas terhadap bunga yang banyak dikembangkan masyarakat setempat," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar pada Launching Tomohon International Flower Festival 2014 di Balairung Soesilo Soedarman, Jakrata.

Ditambahkannya, event TIFF juga harus gencar dipromosikan menjadi bagian branding Wonderful Indonesia, agar terkenal ke seluruh penjuru dunia seperti Tournament of Roses di Pasadena, Amerika Serikat. Dengan demikian, cita-cita agar Kota Tomohon khususnya dan Provinsi Sulawesi Utara semakin dikenal dan berkembang pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pun dapat segera terwujud.

Berikut rangkaian kegiatan TIFF;

1.Tournament of Flowers (8-12 Agustus 2014), yakni Parade kendaraan hias yang diikuti oleh perwakilan negara sahabat, pemerintah propinsi, kabupaten/kota se Indonesia, BUMN/BUMD, serta instansi/perusahaan swasta.

2. Kontes Ratu Bunga (7 – 10 Agustus 2014), yakni Kontes yang akan menjaring minat dan bakat para putri terbaik se Indonesia dalam mengembangkan minat dan bakat masing – masing, serta kecintaan terhadap bunga.
Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara (9 – 11 Agustus 2014), yakni pagelaran seni yang menampilkan warisan Seni dan Budaya Nusantara, yang dikemas dalam atraksi menarik.

3.Tourism, Trade, Investment, and Floriculture Expo (7 – 11 Agustus 2014), yakni pameran yang akan menyajikan pameran landscape taman bunga dan juga pameran pariwisata, perdagangan, investasi, dan senirupa.(tim/sulutonline).